Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matangkan Persiapan, Persib Kembali Latihan di Lembang

Kompas.com - 26/01/2020, 09:20 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung akan mematangkan persiapan mereka dalam menghadapi Liga 1 2020 melalui pemusatan latihan.

Klub berjulukan Maung Bandung itu akan menggelar pemusatan latihan di daerah Lembang selama satu pekan, dari tanggal 26 hingga 31 Januari 2020.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengungkapkan sasaran utama dari digelarnya pemusatan latihan adalah untuk membentuk kebersamaan dan kekompakan di dalam tim antara pemain dan pelatih.

Baca juga: Resmi Perpanjang Kontrak di Persib, Omid Nazari Siap Beri yang Terbaik

Meski jarak Lembang dan Bandung tidaklah jauh, Alberts menerapkan aturan kepada para pemainnya agar tidak pulang ke rumahnya masing-masing.

Mereka diwajibkan menginap selama pemusatan latihan berlangsung.

"Kami harus tetap bersama selama pemusatan latihan di Lembang. Ini seperti camp, jadi tidak boleh ada pemain atau staf yang pulang," kata Alberts di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Sabtu (25/1/2019).

Bagi Persib, menggelar pemusatan latihan di kawasan Lembang bukanlah hal yang baru.

Sejak dulu, Maung Bandung memang sering menggelar pemusatan latihan di daerah Lembang atau Subang.

Kawasan Lembang dan Subang bisa dibilang menjadi tempat favorit bagi pelatih legendaris Persib, Indra Thohir, dalam mematangkan persiapan anak asuhnya menghadapi kompetisi.

Biasanya, pelatih yang sukses membawa Persib menjadi kampiun kompetisi Perserikatan edisi terakhir (1993-1994), dan jawara Liga Indonesia edisi pertama (1993-1994) itu akan menggenjot anak-anak asuhnya melalui latihan fisik dengan intensitas tinggi.  

Pada era kepelatihan Djajang Nurdjaman (2012-2017), Persib mulai jarang menggelar pemusatan latihan di kawasan Lembang atau Subang.

Mereka lebih sering menggelar pemusatan latihan di daerah Ciamis dan Pangandaran.

Sementara itu, pada masa kepelatihan Mario Gomez (2018), Persib mulai menjalani pemusatan latihan di luar area Jawa Barat.

Pada saat itu, Gomez memilih Yogyakarta sebagai tempat pemusatan latihan bagi Ardi Idrus dkk.

Tradisi itu diteruskan oleh Miljan Radovic, saat menangani Persib pada musim 2019. Kala itu, Radovic membawa tim Persib menggelar pemusatan latihan di Batam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com