Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arema FC Siap dengan Jadwal Liga, Mario Gomez Terapkan Variasi Formasi

Kompas.com - 23/01/2020, 22:30 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Pelatih Arema FC, Mario Gomez, tak mempermasalahkan jadwal kompetisi Liga 1 2020 yang rencananya akan dihelat 29 Februari mendatang.

Pelatih asal Argentina tersebut menilai timnya dalam kondisi persiapan yang matang meski belum diperkuat sejumlah pemain asing.

Selain itu, wacana tidak adanya turnamen pramusim juga bukan menjadi masalah baginya.

"Tidak ada masalah, kami sudah bekerja dan sudah kami persiapkan dengan baik. Tidak masalah tidak ada turnamen pramusim, bisa kami ganti dengan pertandingan persahabatan untuk melihat progres tim," katanya.

Baca juga: Arema FC Menang 10-1 pada Pertandingan Uji Coba Perdana

Hal senada juga disampaikan oleh Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Dia mengatakan Arema FC sudah siap jika kompetisi diputar pada Februari mendatang. 

"Arema sendiri sudah melakukan persiapan, termasuk wacana tidak ada turnamen pramusim. Liga bergulir 29 Februari mendatang, semoga dibahas dan segera ada keputusan, terutama termasuk urusan finansial, yakni subsidi kompetisi untuk tim yang jadi prioritas," katanya.

Sejauh ini, komposisi pemain Arema FC memang nyaris komplet. Tinggal memenuhi slot pemain asing yang masih tersisa tiga slot setelah diisi oleh Oh In-kyun.

Baca juga: 3 Kiper Arema FC Diyakini Alami Peningkatan Performa dalam 2 Pekan

 

Gomez menyebut minggu depan komposisi pemain Arema FC akan komplet.

"Kami coba untuk uji coba, mungkin minggu depan komposisi tim akan komplet," ucapnya.

Terkait latihan, Mario Gomez menerapkan formasi yang bervariasi dalam internal game yang diselenggarakan di training center di Agrokusuma Batu, mulai Minggu (19/1/2020) lalu.

Selain karena kebutuhan latihan, variasi tersebut diberikan agar pemain terbiasa dengan gaya kepelatihan Gomez yang dinamis.

Dalam latihan, Gomez tampak menggunakan formasi yang berbeda dalam internal game. Satu tim menggunakan 4-4-2 dan lawannya 4-3-3, lalu berubah menjadi 4-4-2 semua dan banyak variasi yang diberikan.

Baca juga: Mario Gomez Butuh 6 Bulan untuk Matangkan Arema FC

Gomez mengungkapkan hal tersebut bagian dari program latihan pelatih. Selain itu dia juga ingin mencoba menyesuaikan taktik dengan kenyamanan pemain dalam menerapkannya.

"Kami akan melihat karena yang terpenting bukan hanya untuk saya, melainkan juga untuk pemain," kata mantan pelatih Johor Darul Takzim, Malaysia, tersebut.

Gomez mengatakan variasi formasi sangat penting dalam tim. Pasalnya, kompetisi akan berjalan dengan sangat dinamis dan penuh kejutan.

"Mereka harus tahu semua taktik yang tim pelatih miliki karena mungkin kami akan menggunakan taktik yang berbeda untuk lawan yang berbeda," ucapnya.

Gomez juga mewajibkan para pemainnya untuk memahami semua taktik yang pernah dijalankan olehnya, khususnya pemain muda yang akan menjalani debut pada musim ini.

"Mereka adalah pemain profesional, mereka harus mengetahui semua hal. Namun, yang terpenting adalah pemain muda Arema, mereka harus belajar taktik kami, ini sangat penting," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com