Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilatih Passos, Dhika Bayangkara Berharap Bisa Ikuti Jejak Ridho dan Nadeo

Kompas.com - 13/01/2020, 23:30 WIB
Kontributor Bola, Septian Nugraha,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Kiper Persib Bandung, Dhika Bayangkara, senang dan beruntung karena bisa dilatih oleh pelatih kiper baru Persib, Luizinho Passos.

Passos datang untuk menggantikan posisi Gatot Prasetyo yang memilih tidak memperpanjang kontrak bersama Persib karena harus fokus pada pekerjaannya di luar sepak bola.

Bagi Dhika, berlatih di bawah bimbingan Passos ibarat mimpi yang menjadi kenyataan. Diakui pemain asal Kuningan, Jawa Barat itu, Passos adalah pelatih kiper yang bagus.

Kiper berusia 28 tahun itu bahkan sudah lama memimpikan untuk dilatih oleh pelatih asal Brasil itu.

"Saya punya keinginan kapan bisa dilatih beliau. Alhamdulillah sudah kesampaian sekarang, ya bersyukur tentunya," kata Dhika, di Stadion Arcamanik, Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Baca juga: Shin Tae-yong Masih Ingin Melatih Korsel Setelah Piala Dunia, tetapi...

Passos memang dikenal sebagai salah satu pelatih kiper terbaik di sepak bola Indonesia.

Perjalanan karier Passos di Indonesia dimulai bersama Borneo FC pada 2017.

Selama tiga musim melatih di Borneo FC, Passos mampu mewujudkan potensi terendam talenta-talenta berbakat di bawah mistar, Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata.

Kedua kiper tersebut pun berstatus sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia.

Dhika berharap bahwa kesuksesan Passos mengorbitkan Ridho dan Nadeo hingga level timnas bisa ia bawa ke Persib. Dhika pun berharap bisa mengikuti jejak Ridho atau Nadeo.

"Ya pasti, semua pemain pasti ingin main untuk timnas. Dia juga selalu menjadi motivasi saya, dan bilang sama saya 'Dhika, kamu harus bisa seperti Nadeo dama Ridho, kamu bisa, tidak ada yang tidak mungkin'," sambung Dhika.

Baca juga: Esteban Vizcarra Kembali ke Persib Bandung pada Pekan Depan

Namun, target terdekat kiper bernomor punggung 81 itu adalah menembus posisi utama di skuat Persib.

Dhika baru tampil dalam satu pertandingan, sebagai pemain pengganti, sejak bergabung dengan Persib pada pertengahan musim Liga 1 2019.

Kehadiran Passos diharapkan bisa membantu Dhika dalam meningkatkan kualitas bermain. Sehingga, kesempatan bermain bisa dia dapatkan di Persib.

"Yang pasti seperti apa yang dikatakan pelatih kiper, kita terus fokus, harus disiplin, itu sih kuncinya kata beliau. Mudah-mudahan tahun ini saya bisa tampil semaksimal mungkin," tegas Dhika.

Baca juga: Gabung Persib, Luizinho Langsung Gembleng 4 Kiper Maung Bandung

Sang penjaga gawang juga amat memuji metode latihan yang diterapkan Passos. Menurut dia, metode yang dibawa Passos jauh lebih variatif sehingga membuat pemain bisa menikmati setiap sesi latihan.

"Sebenarnya lebih letih, lebih keras juga. Mungkin metode latihan dia itu banyak digabung antara fisik dan mental. Lebih variatif jadinya," tutur mantan pemain PSS Sleman itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com