Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Definisi Globalisasi Menurut Para Ahli

Kompas.com - 07/11/2022, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Globalisasi adalah proses di mana hilangnya batasan atau sekat pemisah antarnegara, sehingga saling menyatu dan terhubung satu sama lain.

Proses globalisasi mencakup berbagai bidang. Mulai dari politik, sosial, dan budaya hingga ekonomi serta pendidikan.

Beberapa ahli turut mengungkapkan pendapatnya mengenai globalisasi. Berikut definisi globalisasi menurut para ahli:

Malcolm Waters

Dikutip dari buku Informasi dalam Konteks Sosial (2020) oleh Rhoni Rodin, berikut definisi globalisasi menurut Malcolm Waters:

"Globalisasi adalah proses sosial yang berakibat pada pembatasan geografis dalam keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, terjelma dalam kesadaran manusia."

Baca juga: Hubungan antara Modernisasi dan Globalisasi

Thomas L. Friedman

Menurutnya, globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi.

Dimensi ideologi mencakup kapitalisme serta pasar bebas. Sementara dimensi teknologi meliputi teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

Princeton N. Lyman

Princeton mendefinisikan globalisasi sebagai pertumbuhan yang sangat cepat dan saling ketergantungan antarberbagai negara di dunia dalam hal perdagangan serta keuangan.

Anthony Giddens

Dilansir dari buku Demokratisasi dan Globalisasi (2022) karya Hesri Mintawati, berikut pengertian globalisasi menurut Anthony Giddens:

"Globalisasi adalah kondisi di mana banyak orang menyadari bahwa mereka turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang terus berubah tanpa kendali."

Baca juga: Pengertian dan Ciri-ciri Globalisasi

Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, globalisasi adalah istilah menyeluruh untuk menggambarkan proses yang ada di jantung ekonomi global.

Artinya, istilah globalisasi digunakan untuk menggambarkan proses penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional, dan pasar uang global.

Selo Soemardjan

"Globalisasi adalah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia, bertujuan mengikuti sistem dan kaidah tertentu yang sama."

Martin Albrow

Dalam buku Menembus Badai Ekonomi (2018) oleh Patta Rapanna dan Yana Fajriah, Martin Albrown menyebutkan bahwa globalisasi menyangkut seluruh proses di dunia.

Proses tersebut melibatkan seluruh penduduk dunia, yang akhirnya menghubungkan mereka dalam komunitas dunia atau global.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Scholte

Menurutnya, globalisasi adalah meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini, tiap negara tetap mempertahankan identitasnya, namun makin tergantung satu sama lain.

Laurence E. Rothenberg

Laurence mendefinisikan globalisasi sebagai percepatan interaksi dan integrasi antarorang, antarperusahaan, dan antarpemerintah dari negara yang berbeda.

Emanuel Ritcher

Ritcher mengartikan globalisasi sebagai jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar dan terisolasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com