Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Keberagaman Budaya di Indonesia

Kompas.com - 12/10/2022, 15:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Kebudayaan di Indonesia berasal dari kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah sendiri terbentuk dari adat istiadat suku bangsa yang tersebar di seluruh Nusantara. 

Keberagaman budaya di Indonesia dapat dilihat dari rumah adat, pakaian adat, tarian adat, senjata tradisional, bahasa daerah, seni pertunjukan atau teater rakyat, upacara adat, alat musik, dan lagu daerah.

Berikut adalah penjelasannya: 

Rumah adat

Rumah adat adalah rumah tempat diselenggarakannya upacara adat. Rumah adat Indonesia mencerminkan pola kehidupan masyarakatnya.

Rumah adat berfungsi sebagai tempat berlindung, pertemuan, dan tempat beristirahat bersama keluarga. Rumah adat juga mencerminkan tinggi rendahnya status sosial di masyarakat.

Baca juga: 9 Tari Tradisional Riau

Pakaian adat

Pakaian adat atau pakaian tradisional di Indonesia merupakan bagian dari ciri khas budaya daerah. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai corak dan gaya busana yang khas.

Pakaian adat tidak hanya sebagai pelindung tubuh tetapi juga sebagai lambang status sosial di masyarakat. Secara umum pakaian adat bisa dipakai dalam upacara tradisional, perkawinan, atau acara-acara keluarga.

Tarian adat

Tarian adat merupakan kesenian daerah yang paling sering ditampilkan dalam pertunjukan. Tarian adat biasanya ditampilkan untuk menyambut, acara perkawinan, acara hiburan, dan upacara adat daerah. 

Tarian adat dapat dimainkan secara sendiri maupun berkelompok. Berbagai perlengkapan tarian dipakai dalam tarian sesuai dengan tujuan dan tema tarian. Pakaian atau busana setiap penari mencerminkan kekayaan budaya daerah.

Senjata tradisional

Senjata tradisional adalah senjata yang mempunyai ciri khas tertentu yang menjadi lambang budaya suatu daerah.

Senjata tradisional biasanya hanya dibuat oleh suku bangsa pengguna senjata tersebut. Senjata tradisional mempunyai banyak kegunaan beberapa kegunaan senjata tradisional antara lain:

  • Untuk berperang pada masa lalu
  • Untuk menunjukkan derajat atau wibawa seseorang
  • Untuk membela diri dari serangan musuh atau binatang buas
  • Alat keperluan sehari-hari seperti berburu atau memotong kayu
  • Untuk perhiasan, cinderamata, atau perlengkapan upacara adat
  • Untuk pengobatan secara spiritual

Baca juga: 5 Alat Musik Pukul Tradisional Khas Indonesia

Bahasa daerah

Bahasa daerah merupakan salah satu bentuk keanekaragaman budaya. Bahasa daerah seperti halnya bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi.

Bahasa daerah biasanya hanya digunakan oleh penduduk yang berasal dari suku yang sama atau orang yang mengerti bahasa tersebut.

Misalnya bahasa jawa digunakan oleh suku Jawa, bahasa Karo digunakan oleh suku Batak. Umumnya setiap suku mempunyai bahasa daerah masing-masing.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com