Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungsi Musik Tradisional

Kompas.com - 21/06/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Musik tradisional adalah musik yang hidup dan berkembang di suatu daerah atau negara tertentu.

Jenis musik ini identik dengan tempatnya berkembang. Sebab, musik tradisional memiliki ciri khas yang membedakannya satu sama lain.

Sebagai contoh, musik tradisional Jawa dan Bali memiliki gamelan. Meski begitu, musik dan lagunya berbeda. Karena dua jenis gamelan ini memiliki ciri khasnya masing-masing.

Adapun, empat fungsi musik tradisional, yaitu sebagai sarana upacara (religius), hiburan, ekonomi, serta pengiring tarian.

Berikut penjelasannya:

Fungsi sarana upacara

Menurut Ketut Wisnawa dalam buku Seni Musik Tradisi Nusantara (2020), sebagai sarana upacara, musik tradisional berfungsi sebagai pelengkap kegiatan keagamaan.

Contohnya alat musik tradisional digunakan untuk mengiringi upacara pernikahan, kelahiran, kematian, serta keagamaan.

Baca juga: Pengertian Musik Tradisional dan Cara Melestarikannya

Pada beberapa daerah, instrumen atau alat musik tradisional tertentu diyakini memiliki kekuatan magis.

Fungsi hiburan

Fungsi musik tradisional yang selanjutnya adalah sebagai hiburan.

Dikutip dari jurnal Fungsi Seni Musik dalam Kehidupan Manusia (2016) karya Wiflihani, fungsi musik tradisional sebagai hiburan berarti musik mengandung unsur yang sifatnya menghibur.

Ini bisa dilihat dari melodi atau lirik lagunya. Selain itu, musik tradisional yang dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan suara merdu dan ramai yang mampu menghibur pendengar.

Intinya, fungsi musik tradisional sebagai hiburan berarti musik ini mampu memberi perasaan senang dan puas kepada pendengarnya.

Fungsi ekonomi

Bagi musisi, musik tradisional memiliki fungsi ekonomi. Artinya jenis musik ini tidak hanya sebagai media ekspresi dan aktualisasi diri, melainkan juga sumber penghasilan.

Para artis atau musisi bisa merekam hasil karyanya dalam CD dan menjualnya ke pasaran. Dari hasil penjualannya, mereka akan mendapat penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Perbedaan Musik Tradisional dan Modern

Fungsi pengiring tarian

Fungsi musik tradisional adalah sebagai pengiring tarian.

Hampir seluruh daerah di Indonesia menggunakan musik tradisional sebagai pengiring tarian. Karena musik ini mampu mengisi suasana dan bagian yang kosong dalam penampilan tari.

Tak hanya itu, musik tradisional juga menimbulkan kesan yang lebih hidup, sehingga penonton jauh lebih tertarik dan menikmatinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com