Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Jenis Kritik Karya Seni Rupa 

Kompas.com - 24/05/2022, 18:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan kritik merupakan salah satu aspek dari apresiasi yang berkaitan dengan kegiatan memberi ulasan (resensi) suatu pameran atau karya seni. 

Dikutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) oleh Sofyan Salam dan kawan-kawan, pengertian kritik seni rupa adalah  pembahasan tentang karya seni rupa, secara lisan atau tertulis, dengan maksud untuk menyosialisasikan karya seni rupa yang dibahas kepada khalayak. 

Orang yang melakukan kritik seni rupa disebut kritikus seni rupa. Kritikus merupakan orang yang dengan sadar membagikan pengalaman estetik yang dirasakan dalam menghayati karya seni rupa kepada orang lain. Sehingga orang lain merasakan estetik yang sama. 

Secara umum, kritikus seni rupa melakukan kritis atas dasar kecintaan terhadap seni rupa, agar karya seni rupa mendapatkan tempat di hati masyarakat. 

Kritik karya seni tidak hanya meningkatkan kualitas pemahaman dan apresiasi terhadap karya seni, tetapi juga sebagai standar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil berkarya.

Baca juga: Pengertian Pameran Karya Seni Rupa

Tanggapan dan penilaian yang disampaikan oleh seorang kritikus ternama sangat memengaruhi persepsi penikmat terhadap kualitas sebuah karya seni bahkan dapat memengaruhi penilaian ekonomis (price) dari karya seni tersebut. 

Jenis kritik seni rupa

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kritik karya seni memiliki perbedaan tujuan dan kualitas. 

Dengan perbedaan tersebut, dijumpai beberapa jenis karya seni seperti yang disampaikan oleh Feldman. 

Dengan pemahaman terhadap keempat tipe kritik seni dapat mengantar pemahaman untuk menentukan pola pikir dalam melakukan kritik seni rupa. 

Berikut empat jenis kritik seni rupa berdasarkan Feldman, yaitu: 

Kritik pedagogik (pendidikan) 

Kritik yang cenderung dilakukan untuk menciptakan opini dan timbulnya kegiatan diskusi antara guru dengan peserta didik adalah jenis kritik seni rupa pedagogik. 

Kritik pedagogik menjadi kegiatan kritik yang bertujuan meningkatkan atau mengangkat kepekaan artistik serta estetika subyek belajar seni rupa. 

Kritik populer 

Kritik populer merupakan kritik seni yang ditujukan untuk konsumsi umum. Tanggapan yang disampaikan biasanya bersifat umum, lebih kepada pengenalan atau publikasi sebuah karya. 

Dalam tulisan kritik populer, biasanya menggunakan gaya bahasa dan istilah-istilah sederhana yang dapat dipahami orang banyak. 

Baca juga: Mengenal Prinsip Kontras dalam Seni Rupa

Kritik keilmuan 

Jenis kritik yang bersifat akademis dengan wawasan pengetahuan, kemampuan da kepekaan yang tinggi untuk menilai atau menanggapi sebuah karya seni rupa. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com