Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya 

Kompas.com - 23/05/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan, agar terbiasa berpikir sistematis dan logis. 

Dikutip dalam buku Pengajuan Proposal (2014) karya Huriyyah, proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya. 

Tujuan dari proposal yaitu mendapatkan persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. 

Salah satu unsur kerangka proposal adalah anggaran biaya kegiatan. Anggaran biaya dalam suatu proposal harus dicantumkan.

Anggaran biaya dalam proposal berisi perkiraan biaya, tarif, atau jumlah alokasi keseluruhan dana yang hendak digunakan. 

Baca juga: Pengertian Proposal, Fungsi, dan Kerangkanya

Anggaran biaya mencakup administrasi, peralatan, piala, konsumsi, dan lain-lain. Isi dari anggaran biaya propsal disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan yang akan dilakukan. 

Biasanya anggaran biaya dalam proposal di rancang dalam bentuk RAB (Rancangan Anggaran Biaya). Di dalamnya terdapat besaran ongkos dan keperluan logistik yang diperlukan dalam satu kegiatan. 

Sama seperti halnya menyusun unsur atau membuat kerangka proposal pada umumnya, dalam penulisan anggaran biaya juga memerhatikan bahasa dan tulisan yang resmi, padat, dan rinci. 

Anggaran biaya disusun secara logis dan realistis, serta memperhatikan keseimbangan antara pengeluaran dan penghasilan. Hal ini agar diterima secara logis oleh penyandang dana. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sebuah proposal yang disadur dari buku Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian (2020) oleh Yuniati Sitorus, yaitu: 

  • Buat daftar khusus untuk menghitung seluruh biaya keperluan dan perlengkapan yang digunakan. 
  • Jika menggunakan sewa gedung sebagai lokasi acara atau kegiatan perlu dimasukkan ke data pembiayaan, beserta dengan penyediaan panggung dan dekorasi. 
  • Masukkan biaya konsumsi yang dihitung dari jumlah tamu, jenis konsumsi, dan intensif konsumsi. 
  • Buat anggaran biaya untuk para tamu yang ikut dalam kegiatan. Masukkan kebutuhan apa saja yang diperlukan bagi tamu undangan. 
  • Membuat daftar panitia, tugas panitia, dan besaran biaya transport yang digunakan selama kegiatan. 

Baca juga: Cara Menyusun Proposal

Contoh anggaran biaya 

Berikut beberapa contoh anggaran biaya dalam proposal, yaitu: 

Contoh 1 

I. Pemasukan  
Dana peserta 250 x @Rp 200.000  Rp 5.000.000
Dana organisasi  Rp 1.000.000
Jumlah   Rp 51.000.000
   
II. Pengeluaran   
1. Kesekretariatan   
Proposal  Rp 100.000
Surat menyurat  Rp 50.000
2. Transportasi   
Sewa empat bus pariwisata AC   Rp 20.000.000
Bensin panitia selama acara   Rp 500.000
3. Gedung   
Sewa gedung  Rp 10.000.000
4. Konsumsi  Rp 15.000.000
5. Dokumentasi  
Foto dan video   Rp 500.000
Biaya lain-lain   Rp 2.850.000
Total pengeluaran   Rp 51.000.000

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com