Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukum Oktaf Newlands

Kompas.com - 26/04/2022, 11:46 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Apabila unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atom relatifnya, ternyata unsur-unsur yang berselisih satu oktaf menunjukkan kesamaan sifat. Pernyataan ini dikemukakan oleh hukum oktaf Newlands.

Namun, apa itu hukum oktaf Newland dan apa yang mendasari Newland untuk membuat hukum tersebut?

Hukum oktaf Newlands adalah hukum periodik unsur yang dikemukakan oleh seorang ahli kimia asal Inggris bernama John Alexander Reina Newlands 1865.

Pada saat itu hukum dan tabel periodik unsur belum ditemukan. Para ilmuan masih sulit mengidentifikasi bagaimana sifat periodik unsur-unsur kimia.

Baca juga: Sifat Periodik Unsur

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, Newlands berhipotesis bahwa kimia unsur-unsur mungkin berhubungan dengan massa mereka. Sehingga, Newlands mencoba mengurutkan unsur kimia berdasarkan nomor atomnya.

Newland menemukan bahwa setiap unsur kedelapan menunjukkan sifat yang serupa dengan unsur yang pertama.

Karena kesamaan terpaut tujuh unsur, Newlands menyebutnya sebagai oktaf (seperti pada musik). Sehingga, penemuan tersebut disebut sebagai hukum oktaf Newlands.

Bunyi hukum oktaf Newlands

Hukum oktaf newlands menyatakan bahwa jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya. Maka, setiap satu oktaf unsur akan menunjukkan sifat kesamaan. Misalnya litium, natrium, dan kalium memiliki sifat yang sama.

Baca juga: Tabel Periodik

Dilansir dari Chemistrygod, Newlands menyusun 56 elemen (dari hidrogen ke thorium) dalam urutan kenaikan massa atom dan mengamati sifat periodiknya.

Hukum oktaf Newlands tidak termasuk gas mulia. Karena pada saat itu, unsur-unsur gas mulia belum ditemukan.

Urutan kesamaan unsur ditunjukkan pada setiap oktaf (delapan unsur) menurut hukum oktaf NewlandsKompas.com/SILMI NURUL UTAMI Urutan kesamaan unsur ditunjukkan pada setiap oktaf (delapan unsur) menurut hukum oktaf Newlands

Kelebihan dan kekurangan hukum oktaf Newlands

Kekurangan hukum oktaf Newlands

Kekurangan hukum oktaf Newlands adalah tidak berlaku pada unsur dengan massa atom besar. Hukum oktaf Newlands pada unsur dengan massa atom yang lebih besar dari kalsium (K) menjadi tidak konsisten dan sifat periodiknya tidak akurat.

Baca juga: Cara Membaca Sistem Periodik Unsur

Kekurangan hukum oktaf Newlands lainnya adalah ada kelompok unsur yang tidak memiliki sifat kemiripan. Misalnya, Newlands mengelompokkan besi dengan oksigen dan belerang yang merupakan non logam dan tidak memiliki kemiripan.

Kelebihan hukum oktaf Newlands

Penemuan Newlands sempat tidak dihargai pada masanya. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman hukum oktaf Newlands mulai dihargai karena memegang peranan penting dalam pengembangan hukum periodik unsur.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Newlands adalah salah satu yang pertama mendeteksi pola periodik dalam sifat-sifat unsur dan mengantisipasi perkembangan selanjutnya dari hukum periodik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com