Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Jenis Komunikasi Nonverbal?

Kompas.com - 05/04/2022, 18:00 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKomunikasi verbal sering kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi nonverbal merupakan komunikasi yang terjadi berupa tanda-tanda yang terdapat makna atau maksud secara tidak lisan. 

Menurut Andriana dalam bukunya Pemahaman (2007), menjelaskan bahwa komunikasi nonverbal adalah proses yang dijalani oleh seorang individu atau lebih pada saat menyampaikan isyarat-isyarat nonverbal yang memiliki potensi untuk merangsang makna dalam pikiran individu atau individu-individu lain.

Jenis-jenis komunikasi nonverbal

Dikutip dari buku Ilmu Komunikasi (2018), Ponco Dewi memaparkan jenis-jenis dari komunikasi nonverbal yang biasa ditemui di kehidupan sehari-hari. Berikut jenis-jenis komunikasi nonverbal di antaranya:

  • Ekspresi muka

Wajah seseorang dapat memberikan makna dari apa yang dirasakan atau dibutuhkan orang tersebut kepada lawan biacara. Wajah dapat mengekspresikan bagaimana rasa cinta yang seorang tersebut tunjukkan, rasa takut, bahkan rasa marah.

  • Badan

Badan seseorang dapat menunjukkan keadaan apa yang sedang dirasakannya secara sadar maupun tidak sadar. Badah dapat menunjukkan rasa tidak percaya diri, bingung, senang, dan lainnya.

Bila seseorang tidak percaya diri atau grogi, biasanya badan akan mengeluarkan keringat yang berlebih.

Baca juga: Mengapa Bahasa Merupakan Alat Komunikasi yang Penting?

  • Gerak tubuh

Gerak tubuh dapat menunjukkan komunikasi seseorang. Seperti bila seseorang tidak setuju mengenai suatu hal, ia akan menggelengkan kepalanya. Biasanya gerak tubuh secara sadar dilakukan.

  • Intonasi suara

Intonasi suara juga dapat menunjukkan komunikasi. Seseorang berbicara dengan intonasi suara tertentu menunjukkan ekspresinya kepada lawan bicara. Seseorang dengan intonasi bicara yang keras, menunjukkan ekpresi marah.

  • Kontak mata

Kontak mata atau tatapan mata dapat memberi makna atau tanda sebagai bentuk komunikasi. Tatapan mata tidak dapat membohongi mengenai suasana hati seseorang.

  • Diam

Diam bisa saja seseorang sedang mengkomunikasikan sesuatu. Seseorang yang diam bisa saja sedang tidak ingin diganggu, ataupun sedang marah, benci, dan sebagainya.

  • Perilaku sentuhan

Sentuhan sering digunakan untuk mengkomunikasikan rasa sayang, cinta, pujian, kehangatan, dan sebagainya. Seseorang yang menepuk bahu kepada orang lain menunjukkan apresiasi atau memberi dorongan kepada orang lain.

Baca juga: Perbedaan Komunikasi Sinkron dan Asinkron dalam Komunikasi Daring

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com