Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Ruang Lingkup Psikologi Komunikasi?

Kompas.com - 25/03/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPsikologi komunikasi adalah proses mencari tahu dan mengenal lebih jauh karakter serta sikap komunikan (penerima pesan) dengan memperhatikan aspek kejiwaannya.

Dari segi keilmuan, psikologi komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari komunikasi dari aspek psikologi.

Disebut pula sebagai ilmu yang berupaya mendeskripsikan, memprediksi, serta mengontrol mental dan perilaku, baik dalam konteks komunikasi interpersonal, kelompok, organisasi, maupun massa.

Ruang lingkup psikologi komunikasi

Dikutip dari buku Psikologi Komunikasi (2021) oleh Fitri Yanti, psikologi komunikasi punya makna yang luas, yakni meliputi segala bentuk penyampaian energi, gelombang suara, dan tanda di antara tempat sistem atau organisme.

Para psikolog menyebut bahwa komunikasi merupakan penyampaian energi dari pancaindra ke otak, yang mana proses pengolahan informasinya saling memengaruhi berbagai sistem dalam diri dan di antara organisme.

Menurut Niluh Wiwik Eka Putri dalam jurnal Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali (2019), ruang lingkup psikologi komunikasi menekankan pada aspek komunikator yang memiliki sifat berbeda dengan individu lainnya.

Baca juga: Apa Tujuan Psikologi Komunikasi?

Sifat mengacu pada pola atau cara seseorang berpikir, merasakan, serta bertingkah laku dalam berbagai konteks situasi yang dihadapinya.

Kerap kali sifat digunakan untuk memprediksi tingkah laku seseorang. Dalam konteks ini, tingkah laku ditentukan oleh kombinasi antara sifat yang dimiliki seseorang dengan sejumlah faktor yang ada pada saat itu.

Dilansir dari buku Pendidikan Ilmu Psikologi (2021) karya Muhammad Hadras, dkk, psikologi komunikasi berkaitan dengan bagaimana caranya bisa mencapai komunikasi yang efektif dalam interaksi manusia.

Oleh sebab itu, jika ingin meraih keberhasilan dalam berkomunikasi, hendaknya antarmanusia saling memahami satu sama lain.

Kesimpulannya, ruang lingkup psikologi komunikasi menekankan pada sifat, karakter, dan tingkah laku manusia yang berbeda. Ketiga hal ini juga memengaruhi cara komunikasi seseorang. Oleh karena itu, agar komunikasi berhasil dan efektif, sangat penting untuk saling memahami antarmanusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com