Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menunjukkan Kebanggaan Kita sebagai Warga Negara Indonesia

Kompas.com - 18/03/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Rasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) hendaknya ditunjukkan lewat sikap dan tindakan nyata.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Keragaman Budaya (2019) karya Nurul Akhmad, jika seseorang memiliki rasa bangga sebagai warga negara Indonesia, orang tersebut akan berupaya keras membanggakan negara dan bangsa Indonesia.

Bagaimana caramu menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara indonesia?

Caraku menunjukkan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia ialah menjunjung tinggi kebudayaan Indonesia, selalu menjaga kebersihan fasilitas umum, tidak malu menggunakan produk dalam negeri, serta berupaya mengembangkan sikap dan karakter sesuai nilai Pancasila.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Rajin belajar

Dilansir dari Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila (2020) karangan Ni Putu Candra Prastya Dewi, rajin belajar adalah salah satu cara menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Karena dengan rajin belajar, nantinya seseorang bisa berkontribusi untuk membangun bangsa yang hebat, besar, dan bermartabat.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Membeli dan menggunakan produk dalam negeri

Kemauan untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri, berarti kita bangga dan mencintai bangsa Indonesia.

Selain menunjukkan rasa bangga, membeli dan menggunakan produk dalam negeri turut membantu pengusaha lokal untuk terus bertahan, serta meningkatkan kualitas produknya agar mampu bersaing.

Menjunjung tinggi kebudayaan

Indonesia dikenal kaya akan kebudayaannya. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional berarti kita menunjukkan rasa bangga sebagai warga negara Indonesia.

Contohnya, menggunakan pakaian tradisional khas daerah masing-masing dalam peringatan hari nasional, memakai batik, dan mempelajari kebudayaan Indonesia.

Mengembangkan sikap dan karakter sesuai Pancasila

Mengembangkan sikap dan karakter sesuai nilai-nilai yang dikandung Pancasila juga sangat penting dilakukan.

Misal, menjaga toleransi antarumat beragama, mengutamakan persatuan dan kesatuan, bermusyawarah untuk mencapai kata mufakat, bersikap adil, dan selalu menghormati orang lain.

Baca juga: Menghargai Persamaan Kedudukan Warga Negara Indonesia

Merawat fasilitas umum

Menjaga dan merawat fasilitas umum juga bisa menjadi salah satu upaya menunjukkan rasa bangga kita sebagai warga negara Indonesia.

Contoh, menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum. Dengan merawat dan menjaga fasilitas umum, berarti kita menghargai dan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com