Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Peristiwa Membeku dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 10/02/2022, 19:32 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comMembeku adalah peristiwa perubahan wujud zat dari fasa cair ke fasa padat. Apa saja contoh peristiwa membeku? Berikut adalah peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku!

Pembuatan es

Membuat es batu adalah contoh peristiwa paling sederhana yang menunjukkan terjadinya pembekuan. Air adalah zat yang memiliki wujud cair dalam suhu ruang.

Ketika dimasukkan ke dalam lemari es dan dibiarkan beberapa lama, air kemudian akan membeku dan membentuk es batu.

Pembentukan salju

Contoh peristiwa membeku dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah pembentukan salju. Dilansir dari Sciencing, ketika suhu atmosfer cukup dingin, tetesan air dalam awan akan membeku menjadi es dan kristal salju.

Biasanya, air dalam awan akan membentuk salju pada suhu di bawah 0 °C. Suhu atmosfer yang berbeda akan membentuk kristal salju dengan bentuk berbeda pula.

Baca juga: Contoh Peristiwa Mencair dalam Kehidupan Sehari-hari

Minyak goreng yang membeku

Contoh pembekuan dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya adalah minyak goreng yang membeku. Pada suhu di bawah 24 °C, biasanya minyak goreng akan membeku. Namun, minyak akan kembali mencair jika diberikan sedikit panas.

Pembekuan darah

Ketika tubuh manusia dan hewan terluka, darah dalam bentuk cair akan keluar dari luka. Tubuh kemudian secara otomatis melakukan mekanisme pembekuan darah.

Dilansir dari Lumen Learning, pembekuan darah adalah proses pembentukan sumbat dari penggumpalan darah untuk menghentikan luka dan mengobarinya. Darah yang awalnya cair, digumpalkan sehingga menjadi padat dan dapat menutup luka pada tubuh.

 

Arena seluncur es

Arena seluncur es atau ice skating adalah contoh selanjutnya dari peristiwa membeku. Arena seluncur es dibuat dari air yang cair dan kemudian dibekukan menjadi es yang padat. Arena tersebut kemudian dijaga suhunya agar es tidak mencair.

Pembekuan lilin

Pembekuan lilin adalah contoh peristiwa membeku dalam kehidupan sehari-hari. Ketika dibakar sumbunya, lilin akan meleleh menjadi cair. Namun, setelah api dimatikan lilin akan kembali membeku.

Baca juga: Kenapa Pria Tidak Bisa Membedakan Warna Lipstik?

Pembuatan lipstik

Pembuatan lipstik juga merupakan contoh dari peristiwa pembekuan. Lipstik dibuat dengan memanaskan lilin lebah (beeswax) dan bahan lainnya, membentuk cairan lipstik. Cairan lipstik kemudian dimasukkan ke dalam cetakan dan dibiarkan mendingin.

Lilin lebah memiliki titik beku yang sekitar 2 hingga 3 °C. Hal tersebut membuat cairan lilin yang mendingin kemudian membeku dan berubah menjadi lipstik padat yang siap digunakan.

 

Benda-benda yang membeku pada suhu dingin

Di negara dengan suhu yang sangat rendah, benda yang membeku menjadi hal yang wajar. Misalnya, tetesan embun yang membeku, air dalam gelas yang membeku, danau yang membeku, hingga uap air di udara yang menempel pada benda dan membeku.

Pembentukan batuan dari magma

Batuan yang ada di bumi dibuat dari magma yang membeku. Dalam siklus batuan, magma yang cair dan panas akan keluar ke permukaan bumi dan mengalami pendinginan. Pendinginan membuat magma membeku dan berubah menjadi batuan yang padat.

Baca juga: Siklus Batuan: Pengertian dan Tahapannya

Pembekuan kriogenik

Contoh selanjutnya dari peristiwa membeku adalah pembekuan kriogenik. Pembekuan kriogenik memang tidak sering terjadi, namun terus diteliti oleh para ilmuan. Pembekuan kriogenik dapat membekukan sel sperma, sel telur, embrio, hingga tubuh manusia.

Dilansir dari Science Focus, tubuh akan dibekukan pada suhu sekitar -130 °C dalam sistem yang dapat melindungi jaringan. Lalu, tubuh bisa dibangunkan kembali dalam kondisi semula setelah membeku selama bertahun-tahun.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com