Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mekanisme Pencernaan yang Berlangsung dalam Usus 12 Jari

Kompas.com - 05/02/2022, 10:27 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comUsus 12 jari adalah salah satu organ manusia yang berperan penting dalam sistem pencernaan.

Bagaimana mekanisme pencernaan yang berlangsung di dalam usus 12 jari? Berikut adalah penjelasannya!

Usus 12 jari atau duodenum adalah segmen usus halus pertama yang terletak tepat di bawah lambung. Mengapa disebut usus 12 jari?

Karena, memiliki panjang yang setara dengan 12 jari manusia. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, usus 12 jari adalah segmen usus terpendek dengan panjang sekitar 23 hingga 28 sentimeter.

Makanan masuk dari lambung

Mekanisme pencernaan yang berlangsung di dalam usus 12 jari dimulai dari makanan yang masuk dari lambung. Lambung mencerna sebagian besar protein makanan, sebagian kecil lipid, dan tidak melakukan pencernaan karbohidrat.

Campuran makanan yang belum selesai dicerna dan cairan lambung disebut sebagai chyme atau kim. Chyme kemudian masuk ke dalam usus 12 jari melalui sfingter pilorus.

Baca juga: Sistem Saluran Pencernaan Makanan pada Manusia

Menetralisir asam lambung

Seperti yang kita ketahui, cairan lambung bersifat asam dan memiliki pH yang tinggi. Cairan asam tersebut bersifat korosif dan dapat mengikis jaringan usus 12 jari, sehingga harus dinetralisir terlebih dahulu.

Ketika makanan masuk melalui sfingter pilorus, usus secara otomatis mengeluarkan lendir. Lendir tersebut diproduksi oleh submukosa usus 12 jari dan dapat menetralkan cairan asam lambung.

Pencernaan chyme

Dilansir dari Sciencing, chyme yang telah dinetralkan dari asam kemudian didorong menuju ampula vater. Chyme kemudian dicampur dengan cairan pankreas dan cairan empedu. Disinilah terjadi pencernaan karbohidrat, protein, lipid, dan nutrisi lainnya.

Dilansir dari Lumen Learning, dalam pankreas mensekresikan enzim trpsin elastase, karboksipeptidase, dan kimotripsin ke dalam usus 12 jari untuk membantu mencerna protein dalam chyme.

Baca juga: Fungsi Umum Sistem Pencernaan Manusia

Selain enzim pemecah protein, pankreas juga mensekresikan enzim amilase ke dalam duodenum. Sehingga, usus 12 jari dapat mencerna sebagian besar karbohidrat.

Cairan pankreas juga mengandung enzim lipase yang berfungsi untuk mencerna lipid. Pencernaan lipid dalam usus 12 jari dibantu oleh cairan empedu melalui proses emulsifikasi.

Penyerapan nutrisi

Dalam usus 12 jari, chyme dipecah menjadi nutrisi dan bentuk yang lebih sederhana untuk proses pencernaan selanjutnya. Dilansir dari Verywell Health, nutrisi tersebut kemudian diserap dengan bantuan hormon cholecystokinin.

Sebagian besar zat besi makanan diserap dalam proses ini. Selain zat besi, nutrisi lain yang diserap oleh usus 12 jari adalah asam amino, lemak, folat dan vitamin A, B1, dan D3.

Dalam proses pencernaan makanan oleh usus 12 jari, turut serta aktivitas bakteri baik yang hidup di duodenum. Bakteri baik tersebut membantu untuk mencegah patogen penyebab penyakit untuk masuk ke dalam tubuh.

Setelah makanan selesai dicerna dalam usus 12 jari. Makanan kemudian dikirim ke bagian usus kecil selanjutnya, yaitu jejunum untuk dicerna secara lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com