Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksistensi Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia

Kompas.com - 29/10/2021, 17:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seni rupa sangatlah berperan dalam kehidupan manusia. Antara seni rupa dan manusia, keduanya tidak dapat dipisahkan. Tanpa manusia, seni rupa tidak akan berkembang. Tanpa seni rupa, manusia akan merasa kesulitan dalam menjalani hidupnya.

Menurut Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Pertiwi Kamariah Hasis dalam buku Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak usia Dini (2020), seni rupa adalah salah satu bentuk karya seni yang dapat dilihat dan diraba menggunakan indra milik manusia, yakni indra penglihatan serta indra peraba.

Karya seni rupa lebih mengutamakan keindahan visual yang dapat dilihat oleh mata manusia, dibanding keindahan lainnya.

Eksistensi seni rupa dalam kehidupan manusia

Mengutip dari jurnal Kajian Estetika Terapan pada Karya Seni Lukisan Cocoon (2011), karya seni merupakan bagian hasil budaya manusia, sebagai bukti eksistensi perjalanan peradaban manusia di muka bumi.

Seni rupa ada karena eksistensi manusia di muka bumi. Begitu pula dalam kehidupan manusia, eksistensi seni rupa terasa begitu nyata.

Pada hakikatnya, seni dan manusia tidak dapat dipisahkan. Karena seni adalah bentuk ekspresi jiwa serta cermin tujuan hidup manusia. Sehingga keduanya akan selalu berkaitan dan memengaruhi satu sama lain.

Baca juga: Ragam Karya Seni Rupa setiap Daerah di Indonesia

Definisi seni rupa dan eksistensinya dalam kehidupan manusia

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang mana hasil karyanya dapat dilihat oleh indra penglihatan dan dirasakan menggunakan indra peraba manusia.

Eksistensi adalah keberadaan. Artinya kehadiran seni rupa bisa dirasakan dalam kehidupan manusia. Seni rupa tidak hanya hadir sebagai hiasan atau bentuk keindahan visual saja, melainkan juga bentuk ekspresi perasaan dan emosi manusia.

Sebagai contoh seorang pelukis bisa menyampaikan perasaan dan emosinya lewat lukisan yang dibuatnya. Contoh lainnya seorang seniman bisa mengekspresikan keindahan visual lewat pembuatan patung, ukiran, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com