Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Laporan tentang Kesehatan Manusia

Kompas.com - 11/10/2021, 14:18 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comLaporan tentang kesehatan manusia biasanya berisikan segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan. Contohnya cara menjaga kesehatan, masalah kesehatan, pencegahan penyakit, dan masih banyak lagi.

Menurut Siti Kholipah dan Heni Subagiharti dalam buku Teknik Penulisan Karya Ilmiah (2018), laporan adalah penyajian suatu keadaan atau kegiatan yang didasarkan pada kejadian yang sebenarnya atau fakta. Laporan biasanya disajikan dalam bentuk tertulis atau tulisan.

Contoh laporan tentang kesehatan manusia

Seperti yang telah disebutkan di atas, laporan tentang kesehatan manusia membahas keadaan atau keterangan penting mengenai kesehatan manusia. Berikut salah satu contoh laporan tentang kesehatan manusia:

Judul: Cara menjaga kesehatan tubuh

Tujuan: agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit

Isi:

Kesehatan tubuh haruslah dijaga dengan baik, terlebih lagi di masa pandemi saat ini. Kesehatan tubuh dapat terwujud apabila kita selalu menerapkan gaya hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Mengutip dari situs World Health Organization (WHO), kesehatan adalah keadaan sejahtera, baik fisik, mental, dan sosial yang bersifat utuh dan terbebas dari penyakit.

Ada banyak cara menjaga kesehatan tubuh. Beberapa cara di antaranya bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus mengeluarkan biaya.

Baca juga: Cara Menguji Kalimat Definisi dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang dikutip dari 10 Tips for Maintaining a Healthy Lifestyle and Body Weight (2020) karya Yiqing Song:

  • Makan makanan sehat

Mulailah membiasakan diri untuk memakan makanan sehat, dan meninggalkan makanan yang tidak sehat. Contoh makanan sehat adalah sayur dan buah-buahan.

  • Konsumsi vitamin tambahan

Agar kesehatan dan kekebalan tubuh dapat terjaga, kita bisa mengonsumsi vitamin tambahan dalam bentuk sirup, permen, atau lainnya. Walau begitu, jangan lupa untuk tetap memakan buah-buahan dan sayuran.

  • Minum air putih

Kesehatan tubuh dapat terjaga jika rutin minum air putih, dan mengurangi minuman mengandung gula.

  • Rutin berolahraga

Olahraga sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Contohnya lari pagi, bersepeda, berenang, dan masih banyak lagi.

  • Memiliki waktu tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan dan berolahraga, memiliki waktu tidur yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Usahakan untuk tidur selama kurang lebih tujuh hingga delapan jam tiap hari.

Baca juga: Contoh Membuat Laporan Kegiatan Menjaga Sumber Daya Alam

Kesimpulan:

Kesehatan tubuh harus dijaga dengan baik. Beberapa cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga pola makan, mengonsumsi vitamin, banyak minum air putih, rutin berolahraga, serta memiliki waktu tidur yang cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com