Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Positif dan Negatif Letak Geografis Indonesia terhadap Sosial Masyarakat

Kompas.com - Diperbarui 09/01/2022, 18:45 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Kemlu

KOMPAS.com - Indonesia memiliki letak geografis yang strategis. Hal ini jelas membawa dampak, baik positif maupun negatif, ke dalam kehidupan masyarakat, khususnya aspek sosial.

Letak geografis merupakan posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak serta bentuknya di muka bumi. Umumnya letak geografis dibatasi dengan berbagai kenampakan alam yang berhubungan langsung dengan wilayah tersebut.

Melansir dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia, letak geografis Indonesia terletak di dua benua dan dua samudra, yakni Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Mengutip dari jurnal Meningkatkan Hasil Belajar Siswa terhadap Konsep Pembagian Wilayah Waktu dan Letak Geografis Indonesia dengan Menggunakan Media Bergambar (2017) karya Syafriadi, letak geografis Indonesia yang diapit dua benua dan dua samudra menempatkan negara ini pada posisi silang yang strategis.

Baca juga: Pengaruh Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim

Artinya posisi ini membawa dampak penting di berbagai bidang untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya bidang sosial. Berikut penjelasan dampak positif dan negatif letak geografis Indonesia terhadap sosial masyarakat:

Dampak positif letak geografis Indonesia

Dampak positif akibat pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, yaitu:

Terjalinnya komunikasi yang baik antara warga Indonesia dengan warga asing

Letak geografis yang strategis membuat Indonesia sering dikunjungi pedagang ataupun wisatawan asing. Hal ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi, antara warga Indonesia dengan warga asing.

Memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lain

Selain meningkatkan jalinan komunikasi, letak geografis yang strategis juga memudahkan warga Indonesia untuk terhubung langsung dengan warga negara lainnya, khususnya dengan negara di sekitar Indonesia.

Adanya pertukaran dan percampuran budaya

Pertukaran budaya dapat dengan mudah terjadi karena letak geografis Indonesia yang strategis. Warga Indonesia mengenalkan budaya kepada warga asing, dan begitu pula sebaliknya. Sehingga terjadilah pertukaran dan percampuran budaya.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

Dampak negatif letak geografis Indonesia

Sedangkan dampak negatif pengaruh kondisi geografis Indonesia terhadap kondisi sosial masyarakatnya, sebagai berikut:

Mengakibatkan perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia

Letak geografis yang strategis juga dapat membawa dampak negatif untuk Indonesia. Perilaku warga dikhawatirkan dapat berubah karena adanya pengaruh komunikasi dan budaya dari negara lain, yang mana belum tentu sesuai dengan budaya Indonesia.

Hilangnya bahasa daerah

Dalam berkomunikasi dengan warga negara lainnya tentu membutuhkan bahasa internasional. Jika masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan bahasa asing, dikhawatirkan hal ini dapat melunturkan bahasa daerah.

Timbul budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya di Indonesia

Dampak negatif lainnya ialah kekhawatiran tentang timbulnya budaya yang tidak sesuai dengan nilai budaya Indonesia. Apabila hal ini terjadi, dikhawatirkan pula budaya asli Indonesia akan luntur atau hilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemlu
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com