Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Budaya bagi Masyarakat

Kompas.com - 28/07/2021, 14:20 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comBudaya di masyarakat terbentuk dari berbagai unsur yang ada di dalamnya. Budaya yang terus mengakar kuat di lingkungan masyarakat akan menghasilkan berbagai bentuk kebudayaan. Budaya membawa pengaruh dan memiliki sejumlah fungsi penting bagi masyarakat.

Menurut Sarinah dalam buku Ilmu Sosial Budaya Dasar (di Perguruan Tinggi) (2019), budaya merupakan cara hidup yang dimiliki dan dikembangkan bersama oleh sekelompok orang, yang mana terus diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Budaya tidak dapat dipisahkan dari diri dan kehidupan manusia. Sehingga tidak mengherankan jika manusia merasa budaya diwariskan secara genetis. Budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas, sehingga perlu dipelajari lebih mendalam.

Mengutip dari jurnal Dinamisasi Kebudayaan dalam Realita Sosial (2017) karya Ellya Rosana, budaya memiliki fungsi yang sangat besar bagi masyarakat. Budaya membantu masyarakat memenuhi beberapa kebutuhan penting.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

Budaya berfungsi untuk mengatur manusia, khususnya dalam bertingkah laku. Karena salah satu produk kebudayaan ialah norma sosial dan bentuk norma lainnya. Norma inilah yang dijadikan dasar bagi manusia dalam bertingkah laku.

Tidak hanya itu, produk lainnya dari kebudayaan ialah nilai atau persoalan baik dan buruk mengenai suatu hal. Nilai ini saling berkaitan dengan norma yang berlaku di masyarakat, dan produk kebudayaan lainnya.

Salah satu budaya upacara seren taun adalah bukti bahwa fungsi budaya dapat mempersatukan masyarakat. 

Budaya tidak hanya berfungsi sebagai pengatur tingkah laku masyarakat saja, melainkan juga memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, karena menghasilkan beberapa kebutuhan yang sangat dibutuhkan manusia. Berikut penjelasannya:

  • Pakaian

Pakaian merupakan salah satu hasil budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Pakaian menjadi hasil kebudayaan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Budaya memunculkan beberapa tren berpakaian sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya kebaya modern, dan lain sebagainya.

Baca juga: Revolusi Budaya: Pengertian, Faktor Penyebab, Proses, dan Contohnya

  • Teknologi

Salah satu hasil budaya yang sangat penting pula adalah teknologi. Aadanya teknologi jelas mempermudah manusia dalam melakukan berbagai kegiatan.

Misalnya kemunculan teknologi komunikasi memudahkan manusia dalam berkomunikasi, kendaraan bermotor memudahkan manusia dalam berpindah tempat, dan lain sebagainya.

  • Makanan

Budaya juga melahirkan keberagaman pangan atau makanan, sehingga memunculkan berbagai kuliner khas daerah. Contohnya gudeg makanan khas Jogja, lumpia khas Semarang, dan lainnya.

Makanan atau pangan, jelas menjadi kebutuhan pokok dan mendasar bagi masyarakat. Tidak hanya itu, budaya juga menghasilkan cara pengelolaan makanan yang unik dan berbeda di tiap daerah.

  • Rumah

Rumah merupakan kebutuhan pokok lainnya yang harus dimiliki masyarakat. Dalam hal ini budaya berfungsi untuk menciptakan berbagai tren bentuk atau model bangunan rumah.

Budaya juga berperan dalam penciptaan gaya bangunan rumah yang khas di tiap daerah. Contohnya rumah adat Joglo di Jawa Tengah, dan lainnya.

 Baca juga: Penetrasi Budaya: Pengertian, Proses, Macam dan Contohnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com