Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kramagung dan Contohnya

Kompas.com - 09/06/2021, 12:22 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Drama adalah suatu karya seni pertunjukkan yang banyak digemari. Drama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah komposisi syair atau prosa yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku (akting) atau dialog yang dipentaskan.

Istilah drama berasal dari bahasa Yunani yang berarti “bertindak” atau “melakukan”, sehingga drama merupakan tindakan yang dimainkan berdasarkan suatu cerita. Cerita yang menjadi dasar dilakukannya drama disebut dengan naskah drama.

Seperti halnya karya sastra lain, naskah drama memiliki unsur-unsur yang harus diperhatikan. Dwi Hidayati dalam skripsi berjudul kepribadian ganda tokoh Kartika dalam Naskah Drama “Kartini Berdarah” Karya Amantia Junda Solikhah (2011) menyebutkan bahwa unsur intrinsik naskah drama adalah tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, wawancang dan kramagung, konflik, serta tipe drama.

Baca juga: Persiapan dan Kelengkapan Pementasan Drama

Kramagung

Mengutip dari jurnal berjudul Kemampuan mengindentifikasi Unsur-Unsur Teks Drama Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Kendari (2019) karya Rasti dan kawan-kawan, kramagung adalah petunjuk perilaku, tindakan, dan perbuatan yang harus dilakukan oleh tokoh.

Dalam naskah drama biasanya kramagung ditulis dalam tanda kurung dan dicetak miring. Dapat disimpulkan bahwa kramagung disebut sebagai arahan panggung yang mengarahkan bagaimana aktor harus bergerak dalam pementasa drama.

Dilansir dari Daily Actor, kramagung atau arahan panggung bertujuan memandu aktor melalui gerakan tubuh mereka misalnya memberitahu aktor untuk modar-mandir, duduk diam, ataupun mengambil alat peraga pada saat tertentu.

Dilansir dari University of Peshawar, gerakan tubuh digunakan untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, retorika suatu karakter.

Gerakan tubuh juga dapat menggambarkan hubungan antardua atau lebih karakter di atas panggung, bagaimana perasaan antar tokoh dan hubungannya tergambar dari gerak tubuh.

Kramagung sangat penting dalam drama, karena arahan tersebut dapat membuat hidup karakter yang dimainkan, memperjelas karakter suatu tokoh, menarik perhatian penonton, serta membuat pementasan drama bernyawa. Artinya pementasan tersebut diisi oleh emosi dan terlihat seakan nyata.

Baca juga: Contoh Naskah Drama Tentang Pendidikan

Contoh Kramagung

Berikut adalah contoh kramagung yang ditulis dalam tanda kurung dan dicetak miring.

Anak: [Menangis di tangga halaman rumah sembari memegang sepucuk surat]
Ibu: [Memasuki halaman dan menghampiri anaknya] Anakku, mengapa kamu menangis? Apa yang membuatmu menangis.
Anak: [Menjerit dan memeluk ibunya] Ibu! [menangis sesenggukan dalam pelukan]
Ibu: [Membelai anaknya dengan penuh kekhawatiran] Ada apa anakku? Mengapa kamu menangis?
Anak: [Berbicara dengan terbata-bata sambil menyodorkan selembar surat] Barusan tukang pos datang, ia mengantarkan surat. Di dalamnya tertulis bahwa ayah meninggal di medan perang.
Ibu: [Tertegun memandang surat dan berbicara dengan lirih] Ayahmu gugur di medan perang sebagai pahlawan negeri ini nak. Mari kita doakan ayah agar tenang di alam sana.
Ibu dan Anak: [Berpelukan sembari menangis]

Dari teks drama singat tersebut terlihat bahwa kramagung memberikan arahan gerak. Bagaimana keadaan awal si anak di atas panggung, kapan si ibu masuk ke panggung, bagaimana interaksi mereka, serta bagaimana perasaan yang dirasakannya.

Semuanya diarahkan oleh kramagung, sisanya tinggal mengikuti kemamuan bersandiwara dari para pemainnya.

Baca juga: Perbedaan Drama dan Teater

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com