Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asam Traumalin: Fungsi dan Perannya

Kompas.com - 30/03/2021, 13:44 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tumbuhan memiliki hormon yang mendukung pertumbuhannya, seperti sitokinin, auksin, giberelin, etilen, kalin, dan asam traumalin.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, asam traumalin adalah asam dikarboksilat rantai lurus tak jenuh tunggal dengan ikatan rangkap pada C-2 yang terdapat pada tumbuhan.

Cara kerja asam traumalin dalam menyembuhkan luka pada tanaman adalah dengan membentuk cambium gabus ketika tanaman mengalami luka.

Asam traumalin merupakan hormon gabungan dari beberapa hormon seperti auksin, sitokinin, giberelin, dan juga asam asbisat.

Dalam keadaan normal, asam traumalin berbentuk padatan kristal dan tidak mudah larut dalam air. Dilansir dari The Human Metabolome Database, berikut adalah fungsi dan peran asam traumalin:

  • Agen penyemuh luka pada tumbuhan 

Fungsi utama dari asam traumalin adalah memperbaiki jaringan yang terluka pada tumbuhan. Cara kerja asam traumalin ini adalah dengan merangsang sel-sel yang ada di dalam jaringan rusak hingga terjadi pembelahan sel lalu asam traumalin akan menutup luka pada bagian jaringan yang sudah rusak.

Baca juga: Apa Itu Etiolasi pada Tumbuhan?

  • Membantu dalam perkembangbiakan tumbuhan terutama pada tumbuhan tingkat sederhana

Pada percobaan yang dilakukan pada tanaman sederhana seperti pada ganggang dan tanaman paku, asam traumalin memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan dan mempercepat proses pertumbuhan.

Hal ini terlihat dari pesatnya pertambahan jumlah dari tanaman paku dan ganggang yang digunakan dalam percobaan tersebut. Asam traumalin dibiosintesis dalam tumbuhan dengan oksidasi non-enzmatik.

  • Sebagai faktir pertumbuhan 

Asam traumalin mempengaruhi proses pertumbuhan. Walaupun tanaman tersebut tidak terluka, asam traumalin tetap memiliki peranan dalam proses pertumbuhan tanaman. Hal ini karena asam traumalin berperan dalam memperbaiki jaringan pada tanaman.

  • Meningkatkan kandungan protein pada ganggang 

Pada percobaan ganggang sebagai subyeknya, kandungan protein yang diberikan penambahan asam traumalin menunjukkan peningkatan protein di dalamnya. Meskipun ganggang mengandung ion NaCl.

Hal ini dikarenakan asam traumalin dapat menetralisir berbagai macam stres pada tanaman ganggang, salah satunya stress garam (salt stress).

Baca juga: Manfaat Tumbuhan dan Hewan Terhadap Kehidupan Manusia

  • Berperan penting terhadap aktivitas antioksidan pada ganggang hijau (Chlorella Vulgaris) 

Keberadaan asam traumalin berperan penting dalam aktivitas metabolisme ganggang hijau Chlorella Vulgaris karena ganggang hijau Chlorella Vulgaris memiliki kemampuan dalam beradaptasi dan menetralisir berbagai macam stress dari lingkungan sekitar.

  • Bermanfaat dalam dunia farmasi 

Asam traumalin digunakan sebagai perantara sintesis prostaglandin yang merupakan konstituen dari beberapa produk farmasi yang berbentuk gel hal ini karena asam traumalin berperan dalam aktivitas epitelisasi ulang mukosa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com