Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Pantomim dan Sejarahnya

Kompas.com - 14/01/2021, 19:22 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal Charlie Chaplin? Ia adalah salah satu aktor yang sangat terkenal akan kepiawaiannya dalam melakukan pantomim.

Film yang dibawakannya selalu berhasil membuat penonton tertawa. Selain itu, melalui film yang dimainkannya, penonton bisa mendapat banyak gambaran tentang seni pantomim.

Semenjak saat itu seni pantomim semakin dikenal masyarakat dunia. Secara perlahan, banyak orang yang mulai menekuni bidang seni ini.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan seni pantomim dan bagaimana sejarahnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantomim merupakan sebuah seni pertunjukan tanpa kata-kata yang dimainkan dengan menggerakkan tubuh serta ekspresi wajah.

Baca juga: Persiapan Pementasan Pantomim

Walau dilakukan tanpa kata-kata, namun dalam pertunjukan pantomim biasanya akan diiringi musik, sulap, tarian, dan lain sebagainya.

Dalam situs Merriam-Webster, dituliskan jika pantomim yang dalam Bahasa Inggris disebut sebagai pantomime. Definisi mengenai seni pantomim merupakan seni pertunjukan drama atau tarian yang dilakukan dengan menggerakkan tubuh atau wajah secara ekspresif.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, kata 'mime' (sebutan untuk orang yang melakukan pantomim) serta 'pantomime', awalnya hanya diperuntukkan sebagai hiburan dramatis Yunani serta Romawi.

Namun, pada saat ini hiburan pantomim sudah menjadi bagian dari seni. Pantomim juga menjadi sarana untuk bercerita melalui gerak tubuh serta ekspresi wajah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com