Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Hemofilia dan Thalassemia?

Kompas.com - 26/12/2020, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hemofilia dan Thalassemia, keduanya adalah penyakit pada darah manusia yang disebabkan oleh kelainan genetik.

Meski sama-sama penyakit genetik yang menyerang darah, keduanya memiliki gejala dan penyebab yang berbeda. Untuk mengetahui alasannya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Apakah perbedaan hemophilia dan thalassemia?

Jawaban:

Definisi

Dilansir dari National Hemophilia Foundation, hemophilia adalah kelainan genetik yang menyebabkan rusak atau hilangnya protein pembekuan sehingga mengakibatkan darah penderitanya tidak bisa menggumpal dengan baik.

Adapun thalassemia adalah kelainan genetik yang menyebabkan hemoglobin (sel darah merah) memiliki bentuk yang tidak normal sehingga penderitanya kekurangan sel darah merah yang sehat.

Baca juga: Kisah Anak Penderita Hemofilia yang Harus Berobat Seumur Hidup

Genetik

Hemofilia adalah kelainan genetik hilangnya factor VIII atau IX yang terpaut pada gonosom (kromosom seks) X yang bersifat dominan pada pria dan bersifat resesif pada perempuan.

Sedangkan thalassemia adalah kelainan genetik hilangnya alfa globin atau beta globin yang terpaut pada autosom (kromosom tubuh) dan bersifat dominan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com