Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerajaan Pertama di Dunia

Kompas.com - 11/10/2020, 09:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Kerajaan merupakan sebuah wilayah yang diperintah oleh raja maupun ratu. Kerajaan sering disebut monarki, karena dipimpin oleh satu orang yang mewarisi posisi pemimpin sebelumnya.

Sebuah kerajaan bisa sangat besar, seperti Inggris Raya. Selama abad ke-19, Britania Raya yang diperintah dari London, Inggris membentang hingga lima benua.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), raja atau ratu tunggal yang membuat semua keputusan untuk seluruh negara bagian. Kerajaan biasanya dipecah menjadi wilayah yang lebih kecil, seperti negara atau provinsi.

Kerajaan paling awal di dunia berkembang ribuan tahun yang lalu, ketika para pemimpin mulai menguasai kota dan permukiman.

Penguasa kerajaan awal memberikan perlindungan kepada penduduk atau rakyat, sebagai imbalannya rakyat harus membayar pajak atau layanan kepada raja.

Baca juga: Sejarah Kastil: Asal Mula dan Alasan Dibangun

Dengan kekuatan memberikan perlindungan, maka kerajaan juga memiliki kekuatan untuk membuat dan menegakkan hukum.

Kerajaan pertama

Disadur dari National Geographic, kerajaan pertama didirikan sekitar 3000 Sebelum Masehi di Sumeria dan Mesir. Sumer adalah kerajaan yang ada di antara Sungai Trigis dan Efrat di Irak.

Orang Sumeria memiliki bahasa tertulis mereka sendiri dan melakukan proyek konstruksi pertama, seperti saluran irigasi dan kuil besar yang disebut Ziggurat.

Terdapat beberapa bukti bahwa Kerajaan Sumeria berdagang dan berperang dengan wilayah-wilayah tetangga.

Beberapa ribu tahun kemudian, kerajaan Teotihuacan berkembang di Amerika Utara. Kerajaan tersebut berpusat di Kota Teotihuacan di Meksiko. Kerajaan tersebut memiliki lebih dari 100 ribu penduduk dan menjadi salah satu kerajaan kuno terbesar di dunia.

Baca juga: 6 Kastil Tertua di Dunia

Kerajaan Mesir

Secara geografis, kerajaan adalah unit politik yangh besar karena terdiri dari banyak kelompok budaya yang berbeda. Kerajaan Mesir Kuno merupakan kerajaan yang diperintah oleh seorang raja, disebut firaun.

Kerajaan Mesir mencapai puncaknya pada periode "Kerajaan Baru", di bawah kepemimpinan firaun Amenhtop III (1390-1352 Sebelum Masehi).

Mesir di Kerajaan Baru membentang dari Mesir, sepanjang pantai Mediterania hingga Turki di utara dan Eritrea di selatan. Namun, ternyata banyak kerajaan yang tidak memiliki raja.

Hal ini membuktikan bahwa karakteristik satu kerajaan akan berbeda dengan kerajaan yang lain.

Piramida di Mesirhttp://egypt.travel Piramida di Mesir
Kerajaan Modern

Sampai saat ini masih ada beberapa kerajaan yang diperintah secara mutlak oleh seorang raja, di antaranya Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi, Raja Mswati III dari Swaziland, dan Raja Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com