Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2020, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Faktor kebutuhan manusia terus meningkat, hal ini menyebabkan munculnya kenampakan alam buatan di Indonesia. Bahkan kegiatan manusia ada yang dapat mengubah kenampakan di permukaan bumi.

Lingkungan buatan merupakan daerah yang sengaja dibuat untuk kepentingan tertentu, di antaranya kemakmuran manusia, perlindungan hewan dan tumbuhan, pembangunan sarana dan prasarana umum, PLTA dan tujuan wisata atau rekreasi.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut beberapa kenampakan buatan di Indonesia, yaitu:

  • Pembangunan bendungan sungai

Dalam buku Rangkuman Pengetahuan Sosial Lengkap (2016) karya Rachmat, manusia membangu bendungan sungai untuk mencukupi kebutuhan energi listrik. Selain itu, untuk memelihara ikan dan obyek wisata.

Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam dalam Bidang Ekonomi

Bendungan sungai adalah sungai besar yang dibangun bendungan cukup besar juga, sehingga air sungai menggenang sangat luas. Bendungan ini menggenangi areal sangat luas, seperti desa-desa, sawah, dan hutan yang berubah menjadi genagan air sungai.

  • Pembangunan komplek perumahan

Di kota-kota besar biasa dibangun komplek perumahan, pertokoan, pusat perbelanjaan, atau perkantoran. Hal ini tentu memerlukan tanah yang luas, sehingga diperlukan pengerukan dan penimbunan tanah yang menyebabkan permukaan tanah berubah.

Daerah-daerah yang sebelumnya adalah sawah dan rawa, bisa berubah menjadi bangunan gedung-gedung yang menjulang.

  • Pembangunan jalan raya

Untuk melancarkan arus distribusi dan lalu lintas, maka dibangun jalan raya sebagai akses mudah bagi manusia. Pembangunan jalan raya dapat mengubah kenampakan permukaan tanah.

Hal ini karena jika jalan raya harus menembus hutan, maka akan adapenebangan pohon disekitar jalur tersebut. Kemuadian jika harus melewati dataran rendah atau cekung harus diuruk agar landai.

Baca juga: Penyesuaian Manusia terhadap Keadaan Alam

  • Kawasan industri atau pabrik

Kawasan industri merupakan daerah yang sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan ekonomi manusia. Biasanya kawasan industri ditandai dengan pembangunan pabrik.

Pabrik-pabrik ini sengaja dibangun jauh ari pemukiman agar tidak mengganggu atau menyebabkan polusi di daerah pemukiman. Keuntungan dari pembuatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberikan kesempatan kerja.

Namun pembangunan pabrik juga memberikan pengaruh buruk, yaitu rusaknya lingkungan dan pencemaran.

  • Kaavan, seekor gajah Asia yang berada di Kebun Binatang Maraghaza, Islamabad, Pakistan. Pada Mei lalu, dia dibebaskan dari kebun binatang setelah 35 tahun diyakini dianiaya.AFP via Getty Images via The Sun Kaavan, seekor gajah Asia yang berada di Kebun Binatang Maraghaza, Islamabad, Pakistan. Pada Mei lalu, dia dibebaskan dari kebun binatang setelah 35 tahun diyakini dianiaya.
    Kebun binatang

Kebun binatang dibangun untuk melestarikan hewan dari kepunahan dan sebagai tempat berkembang biak para hewan. Kebun binatang juga dibuka untuk wisata masyarakat umum.

Kebun binatang yang terkenal di Indonesia adalah Ragunan di Jakarta, Taman Safari di Bogor, Wonokromo di Surabaya, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Kegiatan untuk Memperbarui Sumber Daya Alam

Hubungan antara kenampakan alam dan sosial budaya

Kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari kondisi alam. Hal tersebut menimbulkan hubungan antara kenampakan alam dengan keragaman sosial budaya. Contohnya, yaitu:

  • Masyarakat yang tinggal di pantai akan menjadi nelayan atau petani garam.
  • Masyarakat yang tinggal di dataran tinggi pasti akan kuat dengan cuacanya. Kebanyakan bekerja sebagai petani.
  • Masyarakat yang tinggal di daerah obyek wisata akan berprofesi sebagai pedagang untuk mengembangkan seni budaya, misalnya penjual cinderamata.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com