Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Terjadinya Interaksi Antarruang

Kompas.com - 26/05/2020, 19:45 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

KOMPAS.com - Ada beberapa kondisi saling bergantung atau ketergantungan yang diperlukan sebagai syarat atau faktor untuk terjadinya interaksi keruangan.

Syarat interaksi antarruang

Mengutip Kemdikbud RI, terjadinya interaksi antarruang dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu:

Saling melengkapi (complementarity)

Perbedaan sumber daya (komoditas) antara satu ruang dengan ruang lain akan memungkinkan terjadi arus perpindahan karena timbul pasokan (supply) dan permintaan (demand).

Kesempatan antara (intervening opportunity)

Adanya perantara yang dapat menghambat atau mengintervensi perpindahan barang atau manusia.

Keadaan dapat diserahkan atau dipindahkan (transferability)

Kemudahan transfer atau perpindahan antarruang yang dapat diukur dengan biaya dan waktu.

Baca juga: Ruang dan Interaksi Antarruang: Pengertian, Syarat dan Bentuknya

Berikut ini penjelasannya:

Saling melengkapi (complementarity)

Kondisi saling melengkapi terjadi apabila wilayah-wilayah menghasilkan komoditas yang berbeda.

Apabila masing-masing wilayah mengalami kelebihan (surplus) produksi komoditas dan saling membutuhkan, maka terjadi interaksi di antara kedua wilayah tersebut.

Contoh, wilayah A penghasil sayuran sedangkan wilayah B penghasil ikan. Padahal wilayah A membutuhkan ikan dan wilayah B membutuhkan sayuran.

Maka wilayah A melakukan interaksi dengan wilayah B melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.

Syarat terjadinya interaksi antarruang yang pertama adalah saling melengkapi (compelementarity).KEMDIKBUD Syarat terjadinya interaksi antarruang yang pertama adalah saling melengkapi (compelementarity).

Baca juga: Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang: Permintaan dan Penawaran

Kesempatan antara (intervening opportunity)

Kesempatan antara merupakan suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan.

Dengan pertimbangan, apabila seseorang atau sebuah wilayah akan membeli suatu produk, maka akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut.

Contoh, wilayah A biasa membeli ikan ke wilayah B, tetapi diketahui ada wilayah C yang juga penghasil ikan. Wilayah C lebih dekat jaraknya dari wilayah A sehingga ongkos transportasi lebih murah.

Maka para pembeli dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan wilayah B melemah.

Syarat terjadinya interaksi ruang yang kedua adalah kesempatan antara (intervening opportunity).KEMDIKBUD Syarat terjadinya interaksi ruang yang kedua adalah kesempatan antara (intervening opportunity).

Baca juga: Letak dan Luas Indonesia

Keadaan dapat diserahkan atau dipindahkan (transferability)

Pengangkutan barang atau orang tentu memerlukan biaya. Biaya untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh.

Jika biaya untuk pemindahan atau pengangkutan tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antarruang tidak akan terjadi lagi.

Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada ketersediaan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan.

Jalan yang rusak dan lokasi yang sulit untuk dicapai akan mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi karena biaya untuk mencapainya juga akan mahal.

Contoh, seseorang akan menjual sayuran dari wilayah A ke wilayah B, namun jalan menuju wilayah B mengalami kerusakan sehingga tidak bisa dilalui. Akibatnya, orang tersebut tidak jadi menjual sayuran ke wilayah B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kemdikbud
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com