Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Efek Memakai Ulang Pakaian Olahraga yang Kotor?

Kompas.com - 03/06/2023, 15:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Ada berbagai alasan yang membuat seseorang tergoda untuk mengenakan kembali pakaian yang sudah dipakai untuk olahraga.

Misalnya karena tidak sempat mencuci pakaian atau merasa sayang karena baru dipakai untuk berolahraga dalam waktu yang singkat.

Apa pun alasannya, memakai ulang pakaian olahraga sebelum mencuci kembali bisa menimbulkan beberapa efek.

Pakaian olahraga kotor menimbulkan bakteri

Dikutip dari Livestrong, Jumat (2/6/2023) manusia memiliki mikroorganisme yang secara alami hidup di kulit dan jumlahnya jutaan. Itu termasuk bakteri, jamur, dan ragi (sejenis jamur).

Saat berolahraga, kuman-kuman tersebut dapat berpindah ke apa pun yang disentuh, termasuk pakaian yang dikenakan.

Dalam jumlah normal, bakteri sebenarnya penting untuk menjaga keseimbangan kulit. Namun saat pakaian berkeringat dan hangat, itu menciptakan lingkungan yang sempurna untuk berkembang biak lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Apakah Efek Tidak Mandi Setelah Berolahraga?

"Saat kita memakai pakaian (setelah olahraga) berulang kali, salah satu hal yang Anda khawatirkan adalah peningkatan jumlah (mikroorganisme), yang dapat menyebabkan hal-hal seperti iritasi, bisul, jerawat, dan bahkan abses," kata Teo Soleymani, MD, dokter kulit bersertifikat di UCLA Health.

Hal terburuk untuk dipakai kembali adalah pakaian dalam karena cenderung mengumpulkan mikroorganisme paling banyak. Pasalnya pakaian dalam bersentuhan langsung dengan alat kelamin dan area anus.

Bahan pakaian juga berpengaruh terhadap mikroorganisme. Bahan sintetis seperti poliester cenderung berpotensi menyimpan mikroorganisme lebih banyak.

Sebuah studi kecil yang dipublikasikan di Applied and Environmental Biology tahun 2014 juga menemukan kain sintetis memiliki bau yang lebih tidak sedap, sehingga mendorong pertumbuhan bakteri tertentu lebih banyak daripada kain katun.

Hindari memakai lagi pakaian olahraga kotor

Mengenakan kembali pakaian olahraga yang kotor bukanlah kebiasaan yang baik. Tapi bagi kebanyakan orang, hal itu tidak akan menyebabkan masalah serius jika melakukannya sesekali.

Baca juga: Apakah Efek pada Wajah Saat Berolahraga Memakai Make-up?

 

Untuk mengurangi risiko terkena infeksi kulit dari pakaian olahraga yang kotor, coba dengan menggantungnya hingga kering terlebih dahulu dan hanya mengenakan kembali pakaian yang sedikit berkeringat.

Cek dulu juga baunya, jangan sampai malah membuat orang lain terganggu dari pakaian yang belum sempat dicuci itu.

Cek pula kondisi kulit terlebih dahulu, apakah iritasi atau lecet. Jika mengalami kondisi tersebut lebih baik urungkan niat untuk mengenakan kembali pakaian olahraga yang kotor.

Sangat penting juga untuk melepas pakaian basah setelah berolahraga dan tidak memakainya sepanjang hari.

Selain itu, yang terpenting adalah berganti pakaian kering dan mandi segera setelah berolahraga dapat membantu meminimalkan infeksi kulit dan bau badan.

Baca juga: Apakah Efek Memakai Topi Setiap Hari?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com