Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2023, 08:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Misi eksplorasi planet Mars, salah satunya mencari tanda-tanda kehidupan, seperti keberadaan air dan lingkungan yang mendukung untuk kehidupan.

Penjelajahan Mars yang dilakukan China, mengungkapkan bukti keberadaan air yang mungkin tersebar lebih luas di tempat yang selama ini belum dieksplorasi dalam misi-misi di planet merah sebelumnya.

Dikutip dari Phys, Senin (1/5/2023), China mengungkapkan telah menemukan tanda-tanda air di Mars berdasarkan pengamatan bukti pasir di planet ini oleh wahana antariksa mereka.

Penemuan tanda-tanda air di planet Mars yang diungkapkan China tersebut menyoroti daerah baru di Mars yang berpotensi memiliki kondisi lingkungan yang subur dan lebih hangat.

Mereka menduga lingkungan tersebut kemungkinan memiliki kondisi yang cocok untuk kehidupan di Mars, meskipun studi lebih lanjut masih diperlukan ke depannya.

Baca juga: Air di Mars Diperkirakan Tersimpan di Ngarai Planet Merah

Penemuan tanda-tanda air di Mars

Pekan lalu, para pemimpin misi China di Mars mengakui bahwa wahana penjelajah Zhurong selama hampir setahun masih belum siap untuk menjelajahi musim dingin di planet tersebut.

Menurut Zhang Rongqiao, kepala perancang misi, hal itu disebabkan oleh panel surya yang kemungkinan besar tertutup debu, sehingga tak dapat mengalirkan listrik dan mencegah rover beroperasi.

Sebelum Zhurong tak berfungsi, rover ini mengamati bukit pasir yang kaya garam dengan retakan kerak.

Ini menurut para peneliti kemungkinan besar telah bercampur dengan embun beku atau salju pagi yang mencair pada beberapa ratus ribu tahun yang lalu.

Tanda keberadaan air di bukti pasir Mars ini, menurut perkiraan peneliti pada rentang waktu itu terjadi ketika retakan dan fitur bukit pasir lainnya terbentuk di Utopia Planitia Mars, yakni dataran luas yang berada di belahan bumi utara planet ini.

Baca juga: Apakah Kehidupan di Planet Mars Benar-benar Ada?

Halaman:
Sumber PHYSORG


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com