Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Zona Megathrust Segmen Mentawai-Siberut Bisa Berpotensi M 8,9

Kompas.com - 25/04/2023, 19:05 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Gempa Mentawai yang terjadi hari ini, Selasa (25/4/2023), tercatat berkekuatan M 7,3 dengan parameter update M 6,9, berpusat di zona megathrust Segmen Mentawai-Siberut.

Episenter gempa Mentawai berlokasi di laut pada jarak 177 Km barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat di kedalaman 23 Km.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa bumi yang terjadi di Mentawai ini termasuk jenis gempa dangkal yang disebabkan adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," jelas Daryono.

Baca juga: Gempa Bengkulu M 6,5 Tadi Malam Berpusat di Zona Megathrust, Ini Analisis BMKG

Daryono menjelaskan bahwa gempa Mentawai terjadi di zona megathrust yang selama ini menjadi perhatian para ahli kegempaan.

Pasalnya, energi gempa di wilayah Sumatera, berada di wilayah Segmen Mentawai-Siberut dan selama ini belum pernah muncul.

Menurut Daryono, ada beberapa rangkaian gempa di zona megathrust Sumatera yang pernah terjadi. Pada tahun 2000, gempa Lampung-Bengkulu telah mengguncang Sumatera dengan kekuatan M 7,9.

Sedangkan gempa besar di Aceh pada tahun 2004 telah mengguncang Sumatera dan wilayah Samudra Hindia dengan kekuatan M 9,1. Sejarah gempa Aceh mencatat, gempa bumi di zona megathrust tersebut juga menyebabkan tsunami dahsyat dan merenggut ribuan nyawa.

Baca juga: Gempa Terkini Guncang Nias Selatan Hari Ini, Berkekuatan M 5,1 Berpusat di Zona Megathrust Batu

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com