Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Daging ayam adalah merupakan salah satu makanan hewani yang paling umum dikonsumsi.

Daging ayam dikenal sebagai sumber protein yang baik. Makanan berprotein tinggi dapat memberi manfaat untuk kesehatan dan kebugaran, seperti membentuk otot, mempertahankan otot, dan menghilangkan lemak.

Kandungan protein dalam ayam

Kandungan protein dalam daging ayam berbeda-beda, bergantung pada potongannya. Dilansir dari Healthline, berikut adalah kandungan protein dalam setiap potongan daging ayam.

1. Dada ayam

Dada ayam matang tanpa kulit sebanyak 172 gram mengandung 54 gram protein. Ini sama dengan 31 gram protein per 100 gram dada ayam.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kekurangan Protein?

Dada ayam juga memiliki 284 kalori atau 165 kalori per 100 gram. Adapun 80 persen kalorinya a berasal dari protein, sedangkan 20 persennya berasal dari lemak.

Kandungan proteinnya yang tinggi dan rendah kalori membuat kita bisa makan dada ayam lebih banyak tanpa khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori.

2. Paha atas ayam

Satu paha ayam matang tanpa kulit, tanpa tulang sebanyak 52 gram mengandung 13,5 gram protein. Ini sama dengan 26 gram protein per 100 gram paha ayam.

Paha ayam juga mengandung 109 kalori per paha atau 209 kalori per 100 gram. Dalam paha ayam, 53 persen kalori berasal dari protein, sedangkan 47 persen berasal dari lemak.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Terlalu Banyak Mengonsumsi Protein?

3. Paha bawah ayam

Satu potong paha bawah ayam tanpa kulit atau tulang (44 gram) mengandung 12,4 gram protein. Ini sama dengan 28,3 gram protein per 100 gram.

Paha bawah ayam juga memiliki 76 kalori per paha atau 172 kalori per 100 gram. 70 persen kalori berasal dari protein, sedangkan 30 persen berasal dari lemak.

Kebanyakan orang makan paha bawah dengan kulitnya. Paha ayam dengan kulit memiliki 112 kalori, dengan 53 persen kalori berasal dari protein dan 47 persen berasal dari lemak 

4. Sayap ayam

Satu potong sayap ayam tanpa kulit atau tulang (21 gram) mengandung 6,4 gram protein. Ini sama dengan 30,5 gram protein per 100 gram.

Sayap ayam juga memiliki 42 kalori per sayap, atau 203 kalori per 100 gram. 64 persen kalori berasal dari protein, sedangkan 36 persen berasal dari lemak.

Baca juga: Asupan Protein Hewani Jadi Kunci Cegah Malanutrisi pada Anak Indonesia

Seperti paha bawah, kebanyakan orang makan sayap ayam dengan kulitnya. Sayap ayam dengan kulitnya mengandung 99 kalori, dengan 39 persen kalori berasal dari protein dan 61 persen dari lemak

Dari uraian tersebut, dada ayam tidak berlemak dan memiliki protein paling banyak menurut beratnya sehingga ideal untuk kita yang ingin menurunkan berat badan, mempertahankan massa otot, dan meningkatkan pemulihan.

Potongan yang lebih berlemak, seperti paha atas, paha bawah, dan sayap mengandung lebih banyak kalori, yang menjadikannya lebih baik untuk orang yang ingin membentuk otot atau menambah berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com