Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, mandi di malam hari terasa menyegarkan setelah seharian beraktivitas. 

Kebiasaan ini dapat memengaruhi suhu tubuh dan kualitas tidur. Suhu tubuh memainkan peran penting dalam siklus tidur-bangun, dan tubuh manusia secara alami mengalami penurunan suhu inti tubuh sebelum tidur malam. 

Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan memengaruhi proses pengaturan suhu alami ini, mandi dan berendam dapat memengaruhi tidur. 

Manfaat mandi sebelum tidur

Dilansir dari Sleep Foundation, mandi di malam hari dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk tidur. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan?

Mandi di malam hari juga memastikan tubuh kita lebih bersih saat tidur, mengurangi penumpukan keringat, kotoran, dan minyak tubuh di tempat tidur.

Selain itu, penelitian menunjukkan, mandi sebelum tidur mungkin memberikan manfaat lain. Manfaat ini berbeda-beda, bergantung apakah kita mandi air hangat atau air dingin.

Manfaat mandi air hangat sebelum tidur

Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa mandi air hangat atau berendam sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. 

Beberapa jam sebelum tidur, suhu inti tubuh manusia mendingin secara alami, sedangkan suhu kulit tangan dan kaki meningkat. 

Para ilmuwan berhipotesis bahwa berendam dalam air hangat membantu proses pengaturan suhu alami ini sehingga mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan?

Para peneliti berteori bahwa air hangat merangsang aliran darah ke tangan dan kaki, yang memungkinkan panas tubuh keluar lebih cepat. 

Sebuah studi baru-baru ini terhadap orang dewasa yang lebih tua juga menemukan bahwa mandi air hangat satu hingga tiga jam sebelum tidur membantu mereka tertidur lebih cepat.

Manfaat mandi air dingin sebelum tidur

Ada banyak manfaat mandi air dingin, seperti meningkatkan imunitas, meningkatkan perasaan vitalitas secara keseluruhan, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Dilansir dari Healthline, mandi air dingin sebelum tidur dapat meningkatkan kewaspadaan dan membuat kita merasa lebih terjaga.

Para peneliti dalam studi tahun 2002 menemukan bahwa paparan air dingin mengaktifkan sistem saraf simpatik. 

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa?

Akibatnya, tubuh melepaskan hormon seperti norepinefrin dan kortisol. Norepinefrin memicu reaksi dalam pembuluh darah tubuh yang dirancang untuk mendistribusikan kembali darah dan menghangatkan tubuh. 

Sementara itu, tubuh melepaskan kadar kortisol sepanjang hari yang mengikuti pola yang cukup dapat diprediksi. Kortisol biasanya memuncak sekitar jam 9 pagi dan menurun ke titik terendah sekitar tengah malam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com