Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Keanumycins, Senyawa Pembunuh Jamur yang Terinspirasi Keanu Reeves

Kompas.com - 10/03/2023, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Nama Keanu Reeves diabadikan sebagai nama jenis senyawa pembunuh jamur, keanumycins. Inspirasi ini tidak terlepas dari peran aktor tersebut dalam setiap film yang dibintanginya.

Keanu Reeves adalah aktor yang dikenal lewat perannya di berbagai film aksi Hollywood, sebut saja The Matrix dan John Wick.

Reeves selalu berperan sebagai tokoh yang berhasil melawan dan mengalahkan kejahatan, peran itulah yang kemudian menginspirasi seorang ilmuwan Jerman untuk menamai senyawa kimia yang baru ditemukannya itu.

Dilansir dari Washington Post, Jumat (10/3/2023), senyawa keanumycins adalah senyawa yang membunuh jamur berbahaya yang dapat menginfeksi tumbuhan maupun manusia.

Kemampuan senyawa antimikroba yang baru tersebut pun kemudian dinamai dengan menyematkan nama sang aktor, Keanu menjadi keanumycins. Hal itu disampaikan Sebastian Götze, salah satu penulis studi Jerman.

Baca juga: Mengenal Ubur-ubur Hantu Raksasa yang Bentuknya Mirip UFO

"Kami pada dasarnya terpesona oleh aktivitas (Keanu Reeves sebagai aktor laga)yang tinggi. Itulah mengapa pada dasarnya kami berkata, 'Ya, ini (keanumycins) seperti seorang pembunuh, pembunuh bayaran atau semacamnya, membunuh beberapa jamur berbeda dengan sangat efektif,” kata Götze.

Manfaat keanumycins sebagai pembunuh jamur

Senyawa keanumycins A, B dan C dikembangkan para ilmuwan Jerman menggunakan bakteri yang berasal dari genus pseudomonas.

Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of American Chemical Society, bakteri ini biasa ditemukan di tanah dan air.

Senyawa pembunuh jamur, lkeanumycins yang diambil dari nama Keanu Reeves ini dapat melawan salah satu jamur mematikan yang umumnya menginfeksi manusia, Candida albicans.

Baca juga: Mengenal Olympus Mons, Gunung Berapi Mars yang Terbesar di Tata Surya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com