Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Kapan Sikat Gigi Dipakai untuk Membersihkan Gigi?

Kompas.com - 08/03/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber History


KOMPAS.com - Menjaga kebersihan gigi sudah menjadi aktivitas rutin yang kita lakukan sehari-hari dan untuk membantunya agar bersih maksimal kita menggunakan sikat gigi.

Kebiasaan membersihkan gigi ini sebenarnya bukan hal yang baru. Orang-orang telah membersihkan gigi mereka selama ribuan tahun.

Dikutip dari History, Selasa (7/3/2023) kebiasaan membersihkan gigi telah dimulai sejak 5000 SM. Kebiasaan ini dimulai oleh orang Mesir kuno yang diperkirakan telah menggosok gigi mereka dengan bubuk khusus, yang terbuat dari kuku sapi dan kulit telur.

Menggosok gigi kemudian berlanjut di era Romawi yang menggunakan tongkat dengan ujung berjumbai. Sementara, orang Yunani memilih menggosok gigi mereka menggunakan kain kasar.

Bentuk gosok gigi seperti sekarang ini kemungkinan besar ditemukan oleh orang China. Mereka membuat sikat gigi dengan menempelkan bulu hewan kasar ke gagang bambu atau gading.

Selama abad pertengahan, para pelancong pun membawa perangkat tersebut ke Eropa.

Baca juga: Sejak Kapan Sedotan Diciptakan dan Dipakai Manusia?

Produksi sikat gigi modern

Sikat gigi baru diproduksi secara massal pada akhir abad ke-18. Namun, ada yang menarik dari cerita sejarah sikat gigi diproduksi ini terbilang cukup unik.

Cerita bermula ketika William Addis yang berasal dari Inggris masuk penjara karena menghasut kerusuhan.

Di dalam penjara, untuk menghabiskan waktu, ia mengukir gagang tulang, mengebor lubang ke dalamnya dan memasukkan bulu babi yang ditahan dengan kawat.

Addis mulai memproduksi alatnya secara massal setelah keluar dari penjara dan meninggal sebagai orang kaya.

Pada tahun 1938 perusahaan DuPont mengembangkan sikat gigi pertama dengan serat nilon, yang terbukti lebih kuat dan lebih efisien daripada bulu binatang. Akan tetapi, kebiasaan menggosok gigi tidak serta merta dilakukan oleh masyarakat umum.

Di Amerika Serikat misalnya, penggunaan sikat gigi baru setelah tentara kembali ke rumah dari Perang Dunia II dan mendapat indoktrinasi kebiasaan kebersihan militer, yakni dengan menyikat gigi secara teratur menjadi praktik yang tersebar luas.

Baca juga: Sejak Kapan Operasi Caesar Dilakukan Sebagai Prosedur Persalinan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com