Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Cold Brew Coffee untuk Kesehatan Menurut Sains

Kompas.com - 23/02/2023, 13:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, cold brew coffee mendapat popularitas di kalangan peminum kopi.

Banyak yang menilai rasa cold brew coffee lebih halus dan tidak terlalu asam jika dibandingkan kopi panas.

Dikutip dari The Spruce Eats, cold brew coffee adalah kopi yang dibuat dengan menyeduh kopi bubuk dalam air bersuhu ruangan selama beberapa jam, biasanya 12 hingga 18 jam atau bahkan lebih lama. Kopi tersebut kemudian disaring ampasnya dan didinginkan sebelum disajikan. 

Manfaat cold brew coffee 

Meski sebagian besar penelitian tentang manfaat kopi untuk kesehatan menggunakan kopi panas, kopi dingin dianggap menawarkan banyak efek serupa.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat cold brew coffee untuk kesehatan. 

Baca juga: Apa Manfaat Minyak Goreng?

1. Dapat meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses tubuh dalam menggunakan makanan untuk memproduksi energi. Semakin tinggi tingkat metabolisme kita, semakin banyak kalori yang kita bakar saat istirahat.

Sama seperti kopi panas, cold brew coffee juga mengandung kafein, yang telah terbukti meningkatkan tingkat metabolisme istirahat hingga 11 persen.

Dalam sebuah penelitian pada 8 pria, mengonsumsi kafein menyebabkan peningkatan pembakaran kalori sebesar 13 persen serta peningkatan pembakaran lemak 2 kali lipat. 

2. Memperbaiki suasana hati

Kafein dalam cold brew coffee dapat meningkatkan kondisi pikiran. Konsumsi kafein telah terbukti dapat meningkatkan suasana hati, terutama bagi orang yang kurang tidur.

Sebuah tinjauan studi terhadap lebih dari 370.000 orang menemukan bahwa orang yang minum kopi memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Faktanya, untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi per hari, risiko depresi turun sebesar 8 persen.

Baca juga: 3 Manfaat Taoge untuk Kesehatan

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kafein dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk meningkatkan mood dan fungsi otak pada orang dewasa.

Dalam sebuah penelitian pada 12 orang dewasa berusia 63-74 tahun, mengonsumsi 3 mg kafein per kg berat badan dapat meningkatkan suasana hati sebesar 17 persen. 

Kafein juga meningkatkan kemampuan kita untuk bereaksi terhadap objek yang bergerak ke arah mereka. Ini menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fokus dan perhatian.

3. Dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Cold brew coffee mengandung senyawa yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, termasuk kafein, senyawa fenolik, magnesium, trigonelin, quinida, dan lignan. 

Senyawa tersebut dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menstabilkan gula darah, dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Serat untuk Anak?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com