Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan King Cobra dan Black Mamba, Ular Berbisa yang Mematikan

Kompas.com - 15/02/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber AZ Animals

KOMPAS.com - Ular king coba dan black mamba merupakan dua spesies yang sangat berbisa sehingga mereka dapat dengan mudah membunuh manusia dengan bisa yang sangat mematikan. 

Dua ular mematikan ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadi pembeda antara keduanya. Salah satu yang paling menonjol adalah king cobra memiliki tudung, sedangkan black mamba tidak memilikinya.

Perbandingan king cobra dan black mamba

Dilansir dari AZ Animals, berikut adalah perbandingan antara ular king cobra dengan black mamba.

1. Ukuran

Ular king cobra dan black mamba adalah ular yang sangat panjang, tetapi king cobra bisa tumbuh lebih panjang.

King cobra panjangnya bisa mencapai hampir 6 m. Mamba hitam juga bukan ular yang kecil, panjangnya bisa mencapai hingga 4 m.

Baca juga: Bagaimana Taring Ular Berevolusi?

King kobra tidak hanya lebih panjang dari black mamba, tetapi juga lebih berat. Umumnya, black mamba memiliki berat kurang dari 4 kg, sedangkan king cobra dapat memiliki berat hingga 9 kg. 

2. Habitat

Black mamba dan king kobra hidup di benua yang berbeda. Black mamba hidup di bagian selatan dan timur Afrika di daerah sub-Sahara, sedangkan king cobra ditemukan di India, Cina, dan Filipina.

Black mamba dan king cobra juga hidup di habitat yang berbeda. Black mamba lebih menyukai hutan, daerah perbukitan, sabana, dan padang rumput. Mereka tidak suka berkeliaran terlalu jauh dari perairan tawar dan pada malam hari mereka lebih suka tidur di pohon berlubang atau liang kosong.

King cobra kebanyakan ditemukan di kawasan hutan, rawa bakau, hutan bambu, dan tepi zona pertanian. Meski demikian, king kobra juga senang menghabiskan sebagian besar waktunya di pepohonan dan semak-semak.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ular yang Dinamai Leonardo DiCaprio dari Hutan Panama?

3. Penampilan

Perbedaan terbesar penampilan king cobra dan black mamba ada pada tudung kepala. Black mamba tidak memiliki tudung besar, yang mereka miliki adalah mulut berwarna hitam pekat. 

King cobra memiliki salah satu tudung terbesar dibandingkan semua ular, sedangkan black mamba hanya memiliki tudung kecil dan sempit.

Dari segi warna, satu-satunya bagian black mamba yang benar-benar hitam adalah mulutnya. Sisanya, tubuh black mamba berkisar dari abu-abu hingga coklat, dengan perut berwarna terang. 

King cobra cenderung berwarna coklat tua atau hitam, dengan palang putih atau kuning, dan tanda di bagian bawah tudungnya.

4. Bisa

Bisa king coba bukanlah yang paling kuat di antara ular berbisa. Namun, bahaya sebenarnya terletak pada jumlah yang dikeluarkan oleh king coba yang marah saat menyerang. 

Baca juga: Mengapa Ular Memiliki Dua Penis?

Salah satu elapid ini mampu menyuntikkan 400–500 mg bisa ke korbannya. Ini merupakan jumlah yang cukup untuk membunuh seekor gajah.

Senyawa aktifnya adalah racun saraf yang bekerja cepat, yang menyerang bagian otak yang mengatur pernapasan sehingga menyebabkan gagal napas.

Sementara para ahli belum banyak mengetahui sifat sebenarnya dari racun black mamba. Namun, bisa black mamba bersifat neurotoksik dan kardiotoksik. 

Bisa tersebut diberikan dalam jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan king cobra, yakni black mamba dapat menyuntikkan hingga 100-120 mg per gigitan dan juga mampu menyerang beberapa kali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com