Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Penemuan Toilet, Siapa yang Menemukannya?

Kompas.com - 30/01/2023, 11:11 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Seorang tukang ledeng asal Inggris bernama Thomas Crapper disebut sebagai penemu toilet seperti yang kita pakai saat ini.

Namun kenyataannya, sejarah mencatat bahwa beberapa ribu tahun sebelumnya, ternyata manusia sudah mulai menggunakan toilet meski bentuknya belum sempurna. Jadi siapa sebenarnya penemu toilet dan bagaimana sejarah penemuan toilet?

Dikutip dari Live Science, Minggu (29/1/2023), toilet paling awal yang diketahui berasal dari sekitar 5000 tahun yang lalu dan ditemukan di Mesopotamia kuno.

Toilet awal yang sederhana itu dilapisi dengan serangkaian tabung keramik panjang yang menjaga agar kotoran tidak larut ke tanah di sekitarnya, namun tetap memungkinkannya merembes keluar perlahan melalui lubang kecil.

Sayangnya, nama sang perancang toilet paling awal yang diketahui itu hilang dari sejarah.

Penemuan toilet awal yang lebih kompleks kemudian pertama kali muncul hampir satu milenium selanjutnya di peradaban Minoan kuno di pulau Kreta.

Baca juga: Sejarah Penemuan Lie Detector, Pendeteksi Kebohongan dari Mengunyah Nasi hingga Memindai Otak

Toilet tersebut menunjukkan bukti pertama penggunaan air untuk membuang limbah, sebuah praktik yang kemudian dilakukan oleh orang Romawi.

Meski sejarah penemuan toilet oleh bangsa Romawi sangat mirip dengan pendahulunya di Yunani, namun mereka memiliki satu inovasi canggih untuk perkembangan toilet selanjutnya yaitu pemipaan terpusat.

Sejarah perkembangan penemuan toilet

Christoph Luthi, perencana infrastruktur dan sanitasi di Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology menyebutkan bahwa dengan teknologi tersebut, itu berarti setiap orang Romawi membuang limbah mereka dengan pot keramik terdekat yang berisi air.

Selanjutnya, bahan yang tak diinginkan disalurkan ke selokan terpusat dengan air yang bergerak lambat, di mana limbah tersebut terbawa ke sungai.

Sejarah perkembangan toilet siram modern kemudian dirancang pada tahun 1596 oleh Sir John Harington dari Inggris yang juga merupakan punggawa Ratu Elizabeth I.

Baca juga: Sejarah Penemuan Sandi Morse, Siapa Penemunya?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com