Alasan Alien Belum Lakukan Kontak dengan Bumi, Studi Ungkap

Kompas.com - 19/12/2022, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Sebuah studi baru mengungkapkan alasan mengapa alien belum melakukan kontak dengan Bumi selama ini.

Menurut studi yang dipublikasikan di arXiv dan belum ditinjau oleh rekan sejawat itu, alien yang memiliki kecerdasan hanya tertarik untuk menghubungi planet dengan teknologi maju, Bumi tak belum termasuk di dalamnya.

Amri Wandel, astrofisikawan di The Hebrew University of Jerusalem menulis, jika kehidupan telah berevolusi di banyak planet di galaksi, maka alien mungkin lebih tertarik pada planet yang tak hanya memiliki tanda-tanda biologi, tetapi juga teknologi.

Dikutip dari Live Science, Minggu (18/12/2022) studi ini mengeksplorasi paradoks Fermi yang berpendapat bahwa mengingat usia alam semesta, kemungkinan besar alien yang cerdas akan melakukan perjalanan ruang angkasa jarak jauh dari sekarang.

Dengan demikian kemungkinan besar mereka akan mengunjungi Bumi.