Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Dinosaurus Herbivora Ditemukan, Seperti Apa?

Kompas.com - 28/11/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com- Sebuah tim peneliti internasional telah menemukan spesies dinosaurus yang sebelumnya tidak diketahui di Rumania barat. Spesies baru dinosaurus ini dinamai Transylvanosaurus platycephalus.

Transylvanosaurus platycephalus diketahui merupakan dinosaurus herbivora yang hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu. Namanya sendiri secara harfiah berarti "reptil berkepala datar dari Transylvania".

Selain itu Transylvanosaurus platycephalus memiliki panjang sekitar dua meter, berjalan dengan dua kaki, dan termasuk dalam keluarga Rhabdodontidae.

Tulang tengkorak milik Transylvanosaurus platycephalus yang ditemukan ini pun menurut peneliti menawarkan wawasan yang lebih dalam tentang evolusi fauna Eropa tak lama setelah kepunahan dinosaurus 66 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari Phys, Sabtu (26/11/2022) Eropa merupakan kepulauan tropis ketika periode Cretaceous yang berlangsung dari 145 juta tahun hingga 66 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru Ditemukan di Inggris, Apa Keunikannya?

Transylvanosaurus platycephalus hidup di salah satu dari banyak pulau bersama dengan spesies dinosaurus kerdil lainnya, buaya, kura-kura, dan pterosaurus terbang raksasa yang memiliki lebar sayap hingga sepuluh meter.

"Dengan setiap spesies yang baru ditemukan, kami menyangkal anggapan luas bahwa fauna Zaman Kapur Akhir memiliki keragaman yang rendah di Eropa," ungkap Felix Augustin, pemimpin studi dan ahli paleontologi dari University of Tübingen.

Namun, bagaimana kemudian spesies baru dinosaurus herbivoraTransylvanosaurus platycephalus ini bisa sampai ke Transylvania?

Peneliti menduga fluktuasi permukaan laut dan proses tektonik menciptakan jembatan darat sementara antara banyak pulau dan dapat mendorong penyebaran hewan-hewan tersebut.

Selain itu, dapat diasumsikan bahwa hampir semua spesies dinosaurus dapat berenang sampai batas tertentu, termasuk Transylvanosaurus platycephalus.

Baca juga: Spesies Dinosaurus Baru, Pemburu Fosil Inggris Temukan Tulang Sepupu T.rex

Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com