Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Tertua di Dunia Ini Umurnya Setara 120 Tahun pada Manusia

Kompas.com - 26/11/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Guinness World Records telah mengumumkan pemecah rekor baru sebagai kucing tertua di dunia. Kucing itu adalah Flossie, kucing asal London yang berusia 26 tahun atau setara usia manusia 120 tahun.

Pada 10 November 2022, Flossie berusia 26 tahun 316 hari, menjadikannya kucing tertua di dunia dengan umur setara manusia 120 tahun.

"Kami tercengang ketika catatan dokter hewan menunjukkan Flossie hampir berusia 27 tahun. Dia kucing tertua yang pernah saya temui. Usianya setara manusia 120 tahun," kata koordinator cabang Cats Protection, Naomi Rosling.

Seperti dilansir IFL Science, Jumat (25/11/2022), kisah panjang rekor Flossie jadi kucing tertua di dunia ini bermula ketika ia diadopsi sebuah keluarga tahun 1995.

Pemilik aslinya meninggal setelah 10 tahun bersama, setelah itu Flossie tinggal bersama saudara perempuan pemiliknya, tetapi dia juga meninggal 14 tahun kemudian.

Akhirnya muncul situasi di mana Flossie perlu dibawa oleh badan amal Cats Protection. Setelah itu, Flossie akhirnya berhasil tinggal di rumah baru dengan pemilik bernama Vicki Green dari Orpington, Inggris.

"Saya tahu sejak awal bahwa Flossie adalah kucing yang istimewa, tetapi saya tak membayangkan akan berbagi rumah dengan pemegang gelar Rekor Dunia Guinness," kata Green.

Baca juga: Apakah Mata Kucing Bisa Melihat di Tempat Gelap?

Ia pun menyebut Flossie sebagai kucing yang penyanyang dan menyenangkan. Sebagai otoritas global dalam pemecahan rekor, Guinness World Records kemudian menganugerahi Flossie dengan gelar kucing tertua di dunia.

Flossie mungkin tuli dan agak sulit melihat. Akan tetapi Flossie dilaporkan sebagai kucing yang bahagia dengan nafsu makan yang rakus dan memiliki selimut kuning favorit.

"Kami sangat senang mendengar tentang Flossie yang merayakan umur panjangnya. Tidak setiap hari Anda menemukan kucing yang hidup sejak pertengahan tahun sembilan puluhan," ungkap Craig Glenday, Pemimpin Redaksi Guinness World Records.

Dikutip dari Cats Protection, umur kucing dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kesehatan, diet, dan lingkungan. Namun rata-rata umur untuk kucing domestik adalah 12-14 tahun.

Beberapa kucing yang memang bisa hidup hingga 20 tahun. Usia kucing ras juga bisa menjadi salah satu pertimbangan sebagai faktor lamanya usia hidup mereka, seperti kucing ras Siam, Burma dan Ragdoll, tetapi tak ada jaminan mengenai ini.

Flossie sebagai pemegang rekor kucing tertua di dunia ini, usianya setara manusia yakni lebih dari 120 tahun, yang juga membuatnya setara dengan usia Jeanne Calment, supercentenarian Perancis yang berusia 122 tahun 164 hari dan memegang rekor sebagai orang tertua di dunia.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Memijat? Berikut Penjelasannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com