Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Rentan Perlu Perlindungan Tambahan dari Infeksi Covid-19, Ini Alasannya

Kompas.com - 25/11/2022, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Vaksinasi dan protokol kesehatan saja tidak cukup untuk melindungi kelompok rentan di era pandemi Covid-19 saat ini. Oleh karenanya, dengan kondisi kesehatan mereka, perlindungan tambahan dengan antibodi monoklonal dinilai perlu.

Belum lama ini, tak hanya tenaga kesehatan, pemerintah juga telah mengumumkan pemberian vaksin booster kedua untuk kelompok lanjut usia (lansia). Lansia adalah salah satu kelompok rentan yang dinilai perlu mendapat perlindungan tambahan.

Sejak pandemi Covid-19 merajalela dan menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia pada tahun 2020 lalu, kelompok-kelompok rentan yang berisiko terinfeksi penyakit baru tersebut terus diprioritaskan.

Pandemi telah berlangsung selama tiga tahun, namun hingga vaksin Covid-19 dosis 1, 2 dan booster pertama telah diberikan, risiko keparahan penyakit masih saja menghantui kelompok-kelompok rentan.

Dalam acara bertajuk "Pentingnya Perlindungan Khusus Pada Kelompok Rentan di Era Pandemi Covid-19", dijelaskan bahwa kelompok rentan membutuhkan perlindungan tambahan karena berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 yang parah.

Baca juga: WHO Rekomendasikan Cabotegravir, Obat untuk Mencegah HIV pada Kelompok Rentan

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) . Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM mengatakan bahwa sistem protokol kesehatan dan vaksinasi booster adalah dua garda utama yang dapat melindungi individu dari infeksi Covid-19, termasuk pada kelompok rentan.

"Namun, untuk kelompok rentan, dikarenakan kondisi mereka, maka memerlukan modalitas atau opsi lain seperti terapi imunisasi pasif dengan antibodi monoklonal," ujar Prof Iris, Kamis (24/11/2022).

Kelompok rentan adalah mereka yang memiliki sistem kekebalan (imun) yang lemah, sehingga risiko infeksi penyakit akan lebih tinggi dibandingkan populasi sehat.

Gangguan pada sistem imun atau kekebalan tubuh dapat menyebabkan peningkatan beban penyakit dari Covid-19 pada kelompok ini.

Selain itu, meski telah ada vaksinasi Covid-19, namun terdapat perbedaan besar terhadap respon vaksinasi pada kelompok rentan dan populasi sehat atau imunokompeten, sehingga perlindungan dari Covid untuk kelompok rentan ini sangat perlu diberikan.

Baca juga: Epidemiolog Sebut Kelompok Rentan Wajib Mendapatkan Vaksin Booster

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com