Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Alzheimer yang Didiagnosis Berisiko Diidap Chris Hemsworth

Kompas.com - 23/11/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pemeran Thor, Chris Hemsworth baru-baru ini mengungkapkan rencananya untuk rehat sementara dari dunia peran usai menyelesaikan promo serial teranyarnya, Limitless. Hal ini terkait kondisi kesehatannya, yang mana dia didiagnosis berisiko mengidap penyakit Alzheimer.

Chris Hemsworth disebut memiliki risiko terkena penyakit Alzheimer 8 hingga 10 kali lebih tinggi dibandingkan orang lainnya.

Seperti diberitakan Kompas.com, Chris Hemsworth memiliki dua salinan gen APOE4, satu dari ibunya dan satunya lagi berasal dari ayahnya, yang menurut penelitian terkait dengan peningkatan risiko Alzheimer.

Lantas, penyakit apa itu Alzheimer yang berisiko diidap pemeran Thor, Chris Hemsworth?

Dikutip dari Mayoclinic, Selasa (22/11/2022) penyakit Alzheimer adalah gangguan neurologis progresif yang menyebabkan otak menyusut (atrofi) dan sel-sel otak mati.

Baca juga: Setelah Didiagnosis Alzheimer, Apa Saja Perawatan yang Penting Diperhatikan?

Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Penyakit yang didiagnosis berisiko diidap Chris Hemsworth ini ditandai dengan penurunan fungsi otak secara terus-menerus dalam ketrampilan berpikir berperilaku.

Selain itu, penyakit ini secara sosial juga dapat memengaruhi kemampuan kemandirian seseorang. Tanda-tanda awal penyakit ini termasuk melupakan kejadian atau percakapan yang baru terjadi.

Seiring perkembangan penyakit, seseorang dengan penyakit Alzheimer akan mengembangkan gangguan ingatan yang parah dan kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari.

Sementara itu orang dengan Alzheimer kebanyakan didiagnosis setelah usia 65 tahun. Jika diagnosa sebelum itu, umumnya disebut dengan penyakit Alzheimer awal.

Penyebab Alzheimer

Penyakit Alzheimer Chris Hemsworth, yang berpotensi diidapnya membuat sang aktor mengumumkan dirinya untuk hiatus dari dunia film. Hingga saat ini, penyebab pasti penyakit Alzheimer masih belum sepenuhnya dipahami. 

Baca juga: Dorce Gamalama Idap Alzheimer, Ketahui Gejala hingga Cara Mencegahnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com