Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Karakteristik Monyet, Salah Satu Hewan Cerdas di Bumi

Kompas.com - 18/11/2022, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Monyet merupakan salah satu dari hampir 200 spesies primata berekor. Manusia, simpanse (Pan troglodytes), dan kera lainnya memiliki nenek moyang yang sama dengan monyet, tetapi termasuk dalam kelompok primata terpisah dari monyet sejak jutaan tahun yang lalu.

Bukan rahasia lagi bahwa monyet adalah salah satu hewan paling cerdas di Bumi.

Selama berabad-abad, para ilmuwan telah menggunakannya untuk penelitian dan eksperimen, karena kecerdasannya yang tinggi dan kemampuannya untuk mempelajari tugas-tugas baru dengan cepat.

Ada beragam monyet, tersebar di seluruh dunia. Mereka datang dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna, tetapi umumnya memiliki karakteristik yang sama.

Baca juga: Baru Ditemukan, Spesies Monyet Asal Myanmar Hadapi Kepunahan

Karakteristik monyet

Berikut beberapa karakteristik monyet untuk menganalinya.

1. Ekor

Adanya ekor, meski hanya kecil, mejadi salah satu pembeda antara monyet dan kera.

2. Punya otak besar

Monyet memiliki otak besar dan dikenal karena rasa ingin tahu dan kecerdasannya. Perkembangan otak, dikombinasikan dengan kebebasan tangan dan penglihatan yang berkembang dengan baik, memungkinkan mereka melakukan aktivitas yang luas.

Sebagian besar monyet pandai memecahkan masalah kompleks dan mampu mempelajari sesuatu dengan cepat, tetapi mereka tidak cukup mencapai tingkat kognitif kera besar.

Sangat kontras dengan kera besar (gorila, simpanse, dan orangutan), meski terbilang cerdas, kebanyakan monyet tidak terlalu pandai belajar dari pengalaman satu sama lain, padahal setiap individu harus mempelajari perilaku baru untuk menambah kemampuan diri mereka sendiri.

3. Hidup di hutan tropis

Sebagian besar spesies monyet hidup di hutan tropis. Kebanyakan monyet aktif pada siang hari, sering berpindah-pindah saat mencari tumbuh-tumbuhan, telur burung, hewan kecil, dan serangga untuk dimakan.

Baca juga: 5 Hewan yang Memiliki Ekor Paling Panjang, Ada Burung hingga Monyet

Ilustrasi monyet.PIXABAY/PavanPrasad_IND Ilustrasi monyet.

4. Mampu duduk tegak

Monyet mampu duduk tegak dan tangan mereka bebas bergerak. Kecuali pada beberapa spesies monyet Dunia Lama, sebagian besar merupakan arboreal, melompat dari dahan ke dahan untuk berpindah di antara pepohonan.

5. Bergerak dengan keempat anggota tubuh

Monyet menggunakan kedua tangan dan kedua kakinya untuk berjalan. Monyet berjalan dengan seluruh telapak kaki menyentuh tanah, tetapi dengan telapak tangan sedikit terangkat.

Mereka hampir tidak pernah berjalan dengan dua kaki (bipedal) dan hanya bisa berdiri tegak untuk waktu yang singkat.

Baca juga: Bak Manusia, Monyet Juga Harus Bersikap Sopan pada yang Lebih Tua

6. Memiliki lima jari

Tangan dan kaki monyet sama-sama digunakan untuk menggenggam dan umumnya mereka memiliki lima jari, dengan ukuran ibu jari dan jempol kaki berbeda dari jari yang lain.

Jari-jari monyet memiliki kuku yang rata dan memiliki cakar di semua jari kecuali jempol kaki.

7. Hewan sosial

Monyet adalah hewan yang sangat sosial, dan hampir semuanya hidup dalam pasukan yang terdiri dari beberapa betina dengan anak dan jantan tunggal atau beberapa jantan.

Biasanya, betina tinggal di pasukan tempat mereka dilahirkan dan dengan demikian memiliki hubungan erat satu sama lain.

Sementara monyet jantan bergabung dengan pasukan baru saat dewasa, membuat mereka tidak berhubungan satu sama lain dan agak antagonis.

Seperti manusia dan kera, monyet betina mengasuh anak mereka dan memiliki siklus menstruasi. Pada beberapa spesies, aktivitas seksual dibatasi secara ketat pada periode sekitar ovulasi (estrus); sementara spesies lainnya bisa berkembang biak sepanjang tahun.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Monyet Jantan Perhatikan Wajah Betina Sebelum Kawin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com