Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronom Deteksi Elemen Terberat di Atmosfer Exoplanet

Kompas.com - 18/10/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Astronom telah menemukan sesuatu yang membingungkan di atmosfer dua planet di luar Tata Surya atau yang biasa disebut exoplanet. Para ahli mendeteksi bahwa kedua planet tersebut memiliki elemen terberat.

Dengan menggunakan Very Large Telescope milik European Southern Observatory (VLT ESO) para astronom telah menemukan elemen terberat yakni barium di atmosfer exoplanet ultra panas bernama WASP-76b dan WASP-121b.

Kedua planet itu mengorbit bintang di luar Tata Surya kita.

Penemuan tak terduga ini menimbulkan pertanyaan tentang seperti apa atmosfer tersebut.

"Bagian yang membingungkan adalah mengapa ada elemen yang begitu berat di lapisan atas atmosfer planet-planet itu," kata Tomas Azevedo Silva, peneliti dari University of Porto, Portugal.

Dikutip dari Phys, Senin (17/10/2022) dua planet, WASP-76b dan WASP-121b, bukanlah exoplanet biasa.

Baca juga: Astronom Temukan Exoplanet Muda, Planet Ini Terbentuk dengan Cara yang Aneh

Kedua exoplanet tersebut dikenal sebagai Jupiter ultra-panas, karena ukurannya yang sebanding dengan Jupiter sementara memiliki suhu permukaan yang sangat tinggi, bisa mencapai di atas 1000 derajat Celsius.

Hal tersebut disebabkan karena kedekatannya dengan bintang induknya, yang juga berarti orbit di sekitar setiap bintang hanya membutuhkan waktu satu hingga dua hari.

Ini juga memberi planet-planet tersebut fitur yang tak biasa, seperti misalnya WASP-76b, para astronom menduga ada hujan besi di planet itu.

Namun astronom ini makin terkejut saat menemukan elemen barium, yang 2,5 kali lebih berat dari besi di atmosfer atas exoplanet WASP-76b dan WASP-121b.

"Mengingat gravitasi tinggi dari planet-planet, kami berharap elemen berat seperti barium dengan cepat jatuh ke lapisan atmosfer yang lebih rendah," jelas Olivier Demangeon, peneliti yang juga dari University of Porto.

Penemuan elemen terberat pada atmosfer kedua exoplanet ini sendiri merupakan sebuah kebetulan, karena para astronom sebelumnya tak mengharapkan atau mencari barium secara khusus.

Baca juga: Serupa Tata Surya, Astronom Temukan Exoplanet Layak Huni Luar Bumi

Mereka juga harus memeriksa silang bahwa elemen itu benar-benar berasal dari planet tersebut karena belum pernah terlihat di exoplanet sebelumnya.

Namun fakta bahwa barium terdeteksi di atmosfer dua exoplanet yang sangat panas ini menunjukkan bahwa kategori planet mungkin lebih aneh daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Pertanyaan bagi ilmuwan adalah proses alami apa yang dapat menyebabkan elemen berat itu berada di ketinggian di atmosfer exoplanet.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber PHYSORG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com