Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Otak Kecil yang Belum Pernah Diketahui Terungkap, Apa itu?

Kompas.com - 11/10/2022, 18:03 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Tubuh manusia sangat kompleks, sehingga tak heran para peneliti masih terus saja membuat temuan-temuan baru dari bagian tubuh manusia. Para ilmuwan baru saja membuat penemuan baru terkait fungsi otak kecil atau cerebellum.

Bagian tubuh tersebut sudah dikenal penting untuk mengontrol gerakan kita dengan benar.

Namun dalam studi baru, peneliti menemukan wilayah otak kecil itu ternyata memiliki peran kunci untuk mengingat pengalaman emosional positif dan negatif.

Mengutip Science Alert, Selasa (11/10/2022) jenis pengalaman emosional diingat dengan baik oleh otak karena membantu kelangsungan hidup manusia, misalnya membantu mengingat saat berada dalam bahaya dan ketika bahagia.

Amigdala dan hippocampus adalah daerah otak manusia yang dianggap paling bertanggung jawab untuk mengkonsolidasikan ingatan emosional ini.

Baca juga: Pestisida Dapat Merusak Fungsi Otak pada Bayi Lebah, Kenapa Begitu?

Akan tetapi, karena otak kecil terkait dengan pengkondisian rasa takut, para peneliti di balik studi terbaru juga ingin melihat apakah fungsi otak kecil berperan pula dalam mencatat ingatan emosional.

"Tujuan dari penelitian adalah untuk menyelidiki apakah cerebellum dan koneksi serebelar-otak terlibat dalam fenomena memori episodik superior untuk membangkitkan informasi visual secara emosional," tulis para peneliti dalam makalahnya.

Mereka lantas melakukan pemindaian otak kecil dari 1.418 individu yang diambil melalui pemindaian pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI), untuk melihat lebih dalam seperti apa fungsi otak tersebut.

Saat peneliti melihat gambar emosional yang beberapa positif, beberapa negatif, dan netral, tim dapat menetapkan bahwa otak kecil memang terlibat dalam mengingat pengalaman emosional tersebut.

Peserta dalam penelitian untuk mengungkap fungsi otak kecil mereka ini, ternyata dapat mengingat gambar positif dan negatif jauh lebih baik daripada yang netral.

Baca juga: Benarkah Covid-19 Bisa Bikin Otak Lemot dan Pelupa? Ini Penjelasan Ahli

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com