Kompas.com - 07/10/2022, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup

Morfologi juga dapat diartikan sebagai studi tentang ukuran, bentuk, dan struktur hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme.

Istilah tersebut mengacu pada aspek umum bentuk biologis dan susunan bagian-bagian tumbuhan atau hewan.

Biasanya, morfologi dikontraskan dengan fisiologi, yang berkaitan dengan studi tentang fungsi organisme dan bagian-bagiannya.

Baca juga: Mengenal Genetika, Cabang Biologi yang Mempelajari Pewarisan Sifat

Ruang lingkup morfologi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, morfologi awalnya memperhatikan tulang, otot, pembuluh darah, dan saraf yang terdiri dari tubuh hewan dan akar , batang, daun, dan bagian bunga yang terdiri dari tubuh tumbuhan tingkat tinggi.

Perkembangan mikroskop cahaya memungkinkan pemeriksaan beberapa detail struktural dari jaringan individu dan sel tunggal.

Mikroskop elektron secara bertahap mengungkapkan kompleksitas yang menakjubkan dari banyak struktur sel tumbuhan dan hewan.

Teknik fisik lainnya telah memungkinkan ahli biologi untuk menyelidiki morfologi molekul kompleks seperti hemoglobin, protein pembawa gas darah, dan asam deoksiribonukleat (DNA).