Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup

Morfologi juga dapat diartikan sebagai studi tentang ukuran, bentuk, dan struktur hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme.

Istilah tersebut mengacu pada aspek umum bentuk biologis dan susunan bagian-bagian tumbuhan atau hewan. 

Biasanya, morfologi dikontraskan dengan fisiologi, yang berkaitan dengan studi tentang fungsi organisme dan bagian-bagiannya.

Baca juga: Mengenal Genetika, Cabang Biologi yang Mempelajari Pewarisan Sifat

Ruang lingkup morfologi

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, morfologi awalnya memperhatikan tulang, otot, pembuluh darah, dan saraf yang terdiri dari tubuh hewan dan akar , batang, daun, dan bagian bunga yang terdiri dari tubuh tumbuhan tingkat tinggi. 

Perkembangan mikroskop cahaya memungkinkan pemeriksaan beberapa detail struktural dari jaringan individu dan sel tunggal.

Mikroskop elektron secara bertahap mengungkapkan kompleksitas yang menakjubkan dari banyak struktur sel tumbuhan dan hewan. 

Teknik fisik lainnya telah memungkinkan ahli biologi untuk menyelidiki morfologi molekul kompleks seperti hemoglobin, protein pembawa gas darah, dan asam deoksiribonukleat (DNA).

Baca juga: Mengenal Mikologi, Cabang Biologi yang Mempelajari Jamur

 

Jadi, morfologi meliputi studi tentang struktur biologis dalam rentang ukuran yang luar biasa, dari makroskopik hingga molekuler.

Pengetahuan menyeluruh tentang struktur (morfologi) merupakan hal yang sangat penting bagi dokter, dokter hewan, dan ahli patologi tumbuhan, yang semuanya memperhatikan jenis dan penyebab perubahan struktural yang diakibatkan oleh penyakit tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com