Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dengan akar tertanam kuat di dalam tanah, daun-daunnya menyerap sinar matahari, dan mendapatkan cukup air, pohon bisa tumbuh sangat besar dan tinggi.

Namun demikian, menurut para ilmuwan, pohon tak bisa terus bertambah tinggi selamanya. Secara teoritis, ketinggian maksimum pohon adalah antara 122 hingga 130 meter.

Lalu, bagaimana dengan pohon tertinggi di dunia saat ini? Berapa tingginya?

Baca juga: Mengenal Apa Itu Pohon dan Ciri-cirinya

Pohon tertinggi di dunia

Saat ini ada beberapa pohon tertinggi di dunia yang tersebar di berbagai Negara. Berikut tiga di antaranya:

1. Hyperion

Pohon tertinggi di dunia adalah pohon redwood (Sequoia sempervirens) yang menjulang di atas garis pantai Taman Nasional Redwood, di California Utara.

Pohon ini dikenal sebagai Hyperion. Ketika terakhir kali diukur pada 2019, tingginya telah mencapai 116,07 meter. Tingginya lebih tinggi dari gedung 35 lantai.

Pohon ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006, oleh Chris Atkins dan Michael Taylor, bagian dari tim peneliti yang pada saat itu berjalan-jalan di hutan California untuk berburu pohon tertinggi. Saat ditemukan, tinggi Hyperion 115,5 m.

Di sekitar waktu yang sama, tim peneliti juga menemukan pohon tertinggi kedua dan ketiga, yaitu Helios, yang saat itu tingginya 114,7 m dan Icarus, yang tingginya 113,1 m.

Hyperion diperkirakan berusia antara 700 hingga 800 tahun. Dan jika bukan karena kerusakan di bagian atas pohon karena burung pelatuk, Hyperion diyakini akan tumbuh lebih tinggi lagi.

Baca juga: Penting bagi Kehidupan, Ada Berapa Banyak Pohon di Bumi?

2. Centurion

Centurion adalah pohon Eucalyptus regnans individual tertinggi yang diketahui di dunia; artinya itu adalah pohon tertinggi dari salah satu spesies pohon tertinggi di dunia.

Tinggi Centurion adalah 100 meter dan pohon ini berada di di Arve Valley, Tasmania, Australia.

3. Doerner Fir

Doerner Fir bersaing ketat dengan Centurion, untuk mendapatkan status pohon non-redwood tertinggi di dunia.

Doerner Fir memiliki tinggi yang sama dengan Centurion, yaitu 100 meter. Doerner Fir adalah pohon Cemara Douglas pesisir yang tumbuh di sisi timur Coos County di Oregon; sebuah negara bagian di mana sebagian besar pohon terbesar dan tertua ditebang.

Baca juga: Negara-negara yang Memiliki Pohon Terbanyak

Ilustrasi pohonPIXABAY/SKITTERPHOTO Ilustrasi pohon

Selain ketiga pohon di atas, pohon-pohon berikut ini juga masuk dalam daftar pohon tertinggi di dunia.

Pohon tertinggi di Asia: Pohon meranti kuning (Shorea faguetiana) yang ditemukan di Malaysia. Pohon ini hanya sedikit lebih pendek dari pohon tertinggi di Australia, dengan tinggi 98,53 m.

Pohon tertinggi di Amerika Selatan: Pohon angelim merah (Dinizia excelsea) di hutan hujan Amazon Brasil adalah yang tertinggi di benua itu, dengan ketinggian 88,5 m.

Pohon tertinggi di Afrika: Pohon myovo (Entandrophragma excelsum) di dekat Taman Nasional Kilimanjaro di Tanzania tingginya 81,50m.

Pohon tertinggi di Eropa: Pohon Karri (Eucalyptus diversicolor) yang hidup di Portugal. Pohon ini tingginya 72,9 m.

Baca juga: Pohon Tertua di Dunia Ditemukan di Chile, Seperti Apa?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com