Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Manusia Mulai Berbicara? Ahli Bahasa Jelaskan

Kompas.com - 24/09/2022, 12:00 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Oleh: Richard Futrell

SEBENARNYA, tidak ada yang tahu kapan manusia mulai berbicara atau kapan berbicara itu “diciptakan.” Ini merupakan sebuah misteri besar.

Tetapi, sebagai ilmuwan bahasa selama 15 tahun, saya dapat memberi perkiraan terbaik kami tentang masa awal manusia berbicara dengan satu sama lain dengan menggunakan bahasa, dan pendapat kami mengenai permulaannya.

Bahasa manusia dan berapa lama bahasa itu telah ada

Berbicara adalah kemampuan yang hanya dimiliki oleh Homo sapiens, spesies kita. Dalam setiap budaya di mana orang bisa mendengar, kita berbicara dengan bahasa lisan.

Dan dalam kelompok yang memiliki banyak orang tuli – seperti di desa-desa tertentu di mana banyak orang terlahir tuli karena alasan genetik – atau di komunitas tuna rungu di seluruh dunia, orang berbicara dengan tangan mereka, menggunakan bahasa isyarat.

Seperti bahasa lisan yang jumlahnya banyak dan berbeda-beda, bahasa isyarat juga memiliki banyak jenis yang berbeda.

Baca juga: Bagaimana Orang pada Zaman Batu Berbicara dan Pakai Bahasa Apa?

Burung bernyanyi, anjing menggonggong, dan kucing mengeong. Tapi, bentuk-bentuk komunikasi ini sangatlah sederhana jika dibandingkan dengan bahasa manusia. Misalnya, seekor binatang mungkin dapat membuat 10 suara berbeda, tetapi manusia dewasa dapat mengetahui lebih dari 20.000 kata.

Selain itu, kita adalah satu-satunya hewan yang dapat mengekspresikan pikiran dalam kalimat utuh. Karena bahasa hanya dimiliki manusia dan sangat berbeda dengan dunia hewan, para peneliti tidak benar-benar berpikir bahwa bahasa merupakan sesuatu yang diciptakan; melainkan suatu hal yang berevolusi bersamaan dengan evolusi manusia dari kera.

Untuk itu, kita perlu melihat kembali ke masa awal evolusi manusia untuk mengetahui pertama kali kita mulai berbicara.

Para ilmuwan percaya bahwa manusia yang kita kenal sekarang kemungkinan besar berevolusi sekitar 300.000 tahun yang lalu. Beberapa nenek moyang kita seperti Homo erectus dan saudara kita seperti Neanderthal mungkin juga memiliki bahasa mereka sendiri, tetapi para peneliti belum tahu pasti.

Ilustrasi manusia purba yang hidup di dalam gua.Getty Images/iStockphoto Ilustrasi manusia purba yang hidup di dalam gua.

Yang menakjubkan dari hal ini adalah, hampir sepanjang waktu tersebut, bahasa hanya digunakan untuk berbicara. Manusia baru membaca atau menulis kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Hampir sepanjang waktu manusia tinggal di bumi, tidak ada yang membaca buku atau membaca tanda, atau bahkan menulis nama mereka.

Manusia mulai menulis untuk mencatat laporan aktivitas mereka. Contohnya, jika petani Joe berutang tiga domba kepada petani Jill, mereka akan menggambar seekor domba dan menulis tiga tanda.

Pada akhirnya, gambar-gambar sederhana ini berubah menjadi hieroglif dan kemudian menjadi huruf-huruf pada alfabet yang kita gunakan saat ini untuk menuliskan segala macam hal, seperti daftar belanjaan, puisi, dan cerita.

Baca juga: Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah, Ini Faktor Pemicunya

Asal mula berbicara

Ilustrasi bahasa emotif di lingkungan kantorDok. Shutterstock Ilustrasi bahasa emotif di lingkungan kantor

Kamu juga mungkin bertanya-tanya dari mana berbicara berasal? Sebelum manusia menggunakan bahasa, bagaimana mereka berkomunikasi satu sama lain? Apakah mereka hanya membuat suara seperti hewan? Sebenarnya, kami juga tidak yakin dengan jawabannya. Tapi, ada dua teori yang mungkin dapat membantu menjawab pertanyaan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com