Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2022, 16:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah faktor risiko paling umum yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi bisa dengan mengonsumsi obat tertentu. 

Namun, perubahan gaya hidup, termasuk perbaikan pola makan, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung.

Sayuran penurun darah tinggi

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 6 sayuran untuk menurunkan darah tinggi.

1. Swiss chard

Swiss chard hijau yang dikemas dengan nutrisi yang dapat mengontrol tekanan darah, seperti kalium dan magnesium. 

Baca juga: 6 Jenis Sayuran Hijau yang Menyehatkan

Pada orang dengan tekanan darah tinggi, setiap peningkatan 0,6 gram kalium per hari dikaitkan dengan penurunan nilai tekanan darah sistolik 1,0 mm Hg dan penurunan tekanan darah diastolik 0,52 mm Hg. 

Magnesium juga penting untuk pengaturan tekanan darah. Ini membantu mengurangi tekanan darah melalui beberapa mekanisme, seperti bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami, yang menghalangi pergerakan kalsium ke dalam sel jantung dan arteri.

2. Wortel

Wortel adalah sayuran yang kaya akan asam klorogenat, p -coumaric, dan caffeic, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dsn mengurangi peradangan sehingga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

Sebuah penelitian yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan, asupan wortel mentah secara signifikan terkait dengan tekanan darah yang lebih rendah.

3. Seledri

Seledri adalah sayuran yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah.

Baca juga: 4 Sayuran yang Termasuk Superfood, Salah Satunya Bayam

Sayuran ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Sebuah studi menemukan bahwa di antara sayuran matang yang biasa dikonsumsi, asupan seledri yang dimasak secara signifikan terkait dengan penurunan tekanan darah.

4. Tomat 

Tomat dan produk tomat kaya akan beragam nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen.

Makan makanan yang tinggi likopen dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Sebuah tinjauan dari 21 penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi tomat dan produk olahannya dapat menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian terkait penyakit jantung.

Baca juga: Perbanyak Makan Sayuran Bantu Kontrol Glikemik Pasien Diabetes Tipe 2, Studi Jelaskan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com