Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Influenza Bisa Turunkan Risiko Terkena Stroke

Kompas.com - 16/09/2022, 08:01 WIB
Nadia Faradiba,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi terbaru menemukan bahwa vaksin influenza tidak hanya mencegah seseorang terkena flu. Vaksinasi influenza ini juga dapat menurunkan risiko terkena stroke hingga 12 persen.

Studi manfaat vaksin influenza dalam menurunkan risiko stroke ini telah dipublikasikan melalui Neurology.org.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (15/9/2022), studi ini dilakukan menggunakan basis data pelayanan kesehatan Spanyol pada tahun 2001 sampai 2015 dengan subjek terkontrol.

Subjek yang dipilih adalah pasien berusia 40 sampai 99 tahun yang tidak memiliki riwayat stroke dan kanker.

Berikutnya, peneliti memilah pasien yang telah menerima vaksin influenza serta melihat riwayat penyakit stroke setelah menerima vaksinasi. Hasilnya, terdapat penurunan risiko terkena stroke hingga 12 persen.

Hal ini sejalan dengan studi lainnya yang dipublikasikan di American Health Association Journals tahun 2019. Studi tersebut menemukan bahwa terkena influenza meningkatkan risiko seseorang terkena stroke iskemik hingga 40 persen.

Baca juga: Ini Jenis Vaksinasi untuk Orang Dewasa, dari Influenza hingga HPV

Hubungan vaksin influenza dengan stroke

Dr. Francisco Jose de Abajo, peneliti jurnal tersebut, menyatakan bahwa alasan mengapa vaksin influenza menurunkan risiko stroke masih belum diketahui.

Saat ini, para peneliti hanya bisa berspekulasi mengenai hubungan keduanya. Dr. Francisco melanjutkan bahwa ini adalah topik penelitian terbuka dan perlu diteliti lebih lanjut.

Dugaan sementara adalah inflamasi yang menjadi salah satu risiko munculnya stroke. Jika mengalami influenza, tubuh akan mengalami inflamasi yang meningkatkan risiko tersebut.

Berbeda jika tubuh tidak terkena influenza setelah menerima vaksin, maka kemungkinan risiko stroke akibat inflamasi berkurang.

Manfaat lain vaksin influenza

Hingga saat ini data mengenai manfaat lain dari vaksin influenza sangat terbatas.

Namun, dengan hasil temuan baru tentang manfaat vaksin influenza ini, diharapkan masyarakat bisa lebih termotivasi untuk melakukan vaksinasi influenza, khususnya pada pasien dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan mendapatkan vaksin influenza tersebut, maka pasien tak hanya akan terhindar dari penyakit influenza, tetapi terhindar dari penyakit stroke atau kardiovaskular lainnya.

Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Influenza untuk Cegah Flu di Tengah Pandemi Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com