Perilaku Hewan di Kebun Binatang Berubah Selama Pandemi

Kompas.com - 10/09/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com- Saat pandemi Covid-19 melanda dunia, mau tak mau hal itu membuat banyak hal berubah dan kita pun melakukan berbagai penyesuaian. Tak terkecuali perilaku hewan-hewan, termasuk yang ada di kebun bintang.

Penyesuaian itu rupanya tak hanya terjadi pada manusia saja. Hewan di kebun binatang yang biasanya mendapat kunjungan dari banyak orang tiba-tiba juga tak melihat kerumunan itu setiap hari.

Perubahan tersebut rupanya menurut sebuah studi baru berpengaruh pada perilaku hewan-hewan di kebun binatang.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (10/9/2022) studi baru telah mengamati bagaimana primata bereaksi terhadap perubahan di kebun binatang.

Dalam studi ini, peneliti menemukan hewan seperti bonobo, simpanse, gorila dataran rendah barat dan babun mengubah kebiasaan mereka dalam berbagai cara, termasuk jumlah waktu yang mereka habiskan untuk istirahat dan makan ketika kebun binatang ditutup.

"Primata adalah spesies (hewan) yang paling maju secara kognitif di kebun binatang dan interaksi mereka dengan pengunjung juga kompleks," kata Samantha Ward, ilmuwan kesejahteraan hewan kebun binatang dari Notthingham Trent University, Inggris.