Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Hewan di Kebun Binatang Berubah Selama Pandemi

Kompas.com - 10/09/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Saat pandemi Covid-19 melanda dunia, mau tak mau hal itu membuat banyak hal berubah dan kita pun melakukan berbagai penyesuaian. Tak terkecuali perilaku hewan-hewan, termasuk yang ada di kebun bintang.

Penyesuaian itu rupanya tak hanya terjadi pada manusia saja. Hewan di kebun binatang yang biasanya mendapat kunjungan dari banyak orang tiba-tiba juga tak melihat kerumunan itu setiap hari.

Perubahan tersebut rupanya menurut sebuah studi baru berpengaruh pada perilaku hewan-hewan di kebun binatang.

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (10/9/2022) studi baru telah mengamati bagaimana primata bereaksi terhadap perubahan di kebun binatang.

Dalam studi ini, peneliti menemukan hewan seperti bonobo, simpanse, gorila dataran rendah barat dan babun mengubah kebiasaan mereka dalam berbagai cara, termasuk jumlah waktu yang mereka habiskan untuk istirahat dan makan ketika kebun binatang ditutup.

"Primata adalah spesies (hewan) yang paling maju secara kognitif di kebun binatang dan interaksi mereka dengan pengunjung juga kompleks," kata Samantha Ward, ilmuwan kesejahteraan hewan kebun binatang dari Notthingham Trent University, Inggris. 

Baca juga: Apakah Hewan Bermimpi?

"Keterbatasan untuk memahami bagaimana pengunjung dapat memengaruhi perilaku hewan di kebun binatang setelah pembatasan dengan publik dalam waktu yang lama merupakan kesempatan yang unik," terangnya.

Pengamatan terhadap primata direkam di Kebun Binatang Twycross dan Knowsley Safari di Inggris, baik sebelum dan sesudah pengunjung kembali.

Selama beberapa bulan dan beberapa periode buka dan tutup, ada perubahan nyata dalam perilaku primata, yang bervariasi tergantung pada hewannya.

Ketika pengunjung mulai kembali ke kebun binatang, perilaku bonobo dan gorila menghabiskan lebih sedikit waktu sendirian, sementara hewan lain seperti gorila juga menghabiskan lebih sedikit waktu untuk beristirahat.

 

Simpanse, sementara itu, makan lebih banyak dan terlibat dengan kandang mereka lebih banyak ketika kebun binatang dibuka kembali.

Sedangkan pada hewan primata lainnya, babun di taman safari terlihat kurang melakukan perilaku seksual dan dominan ketika para pengunjung kembali.

Baca juga: Kuda Nil Hewan Darat Terbesar Kedua di Dunia, Apa Saja Ciri-cirinya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com