Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Obat Apa Itu Aspirin | Gorila Gunung Afrika Terancam Punah | Daur Hidup Nyamuk | Apa Hewan Bermimpi

Kompas.com - 08/09/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Obat apa itu aspirin, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (7/9/2022). Sakit kepala, nyeri atau demam ringan, biasanya dapat diatasi dengan obat-obatan yang mudah diperoleh tanpa resep dokter.

Salah satunya obat aspirin. Jenis obat anti-inflamasi ini biasa digunakan untuk mengatasi berbagai sakit ringan.

Ada dua spesies gorila Afrika, salah satunya, gorila gunung adalah spesies primata yang terancam punah. Gorila gunung adalah primata terbesar di dunia. Gorila ini hidup berkelompok di hutan-hutan di pegunungan gunung berapi di Afrika.

Berita populer Sains lainnya yakni tentang daur hidup nyamuk. Nyamuk adalah serangga yang paling banyak ditemui, terutama di Indonesia.

Nyamuk merupakan hewan paling mematikan di dunia, yang selalu menjadi perantara penularan penyakit seperti demam berdarah hingga zika. Penting memahami daur hidup nyamuk untuk melindungi diri dari serangga ini.

Hewan yang tidur, apakah mereka bermimpi seperti manusia? Artikel ini menjadi salah satu berita populer Sains. Sebab, mungkin di antara Anda pernah melihat hewan-hewan yang tidur sambil sesekali bergerak seperti sedang bermimpi.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (7/9/2022) hingga Kamis (8/9/2022).

Obat apa itu aspirin?

Aspirin adalah jenis obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter untuk mengatasi berbagai nyeri ringan hingga sakit kepala. Namun, terkadang obat ini juga digunakan sebagai pengencer darah.

Apabila aspirin diminum setiap hari, maka obat ini dapat menurunkan risiko kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung atau stroke pada orang yang berisiko tinggi mengalaminya.

Apa itu aspirin?

Aspirin adalah obat anti-inflamasi atau anti peradangan nonsteroid (NSAID). Merupakan jenis obat pertama yang ditemukan untuk kelas obat anti peradangan.

Kandungan pada obat aspirin yang utama adalah salisilat, yaitu senyawa yang biasanya ditemukan pada tanaman, seperti kulit pohon willow dan myrtle.

Aspirin merupakan obat yang telah ditemukan sejak lama, bahkan kandungan dalam obat ini yang ada pada pohon willow telah digunakan sejak ribuan tahun lalu.

Penggunaan senyawa yang terkandung dalam aspirin, yakni salisilat, tercatat pertama kali digunakan pada sekitar 4.000 tahun yang lalu. Berawal dari teknik pengobatan yang dilakukan Hippocrates yang menggunakan kulit pohon willow untuk menghilangkan rasa sakit dan demam.

Berita populer Sains tentang obat aspirin ini selengkapnya dapat dibaca di sini.

Baca juga: Obat Apa Itu Aspirin?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com